Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kejar Pasar Nasional, Dinas Pertanian Pati Perbanyak Populasi Jambu Lumut Kayen

0 864

MURIANEWS, Pati – Keberadaan jambu lumut kayen selama ini memnag belum banyak dikenal oleh masyarakat bumi mina tani. Padahal, varietas tersebut saat ini tengah diburu banyak pembeli dari luar daerah.

Bahkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati juga mulai memperbanyak populasi jambu lumut kayen itu. Apalagi, jambu tersebut sudah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementan RI sejak 2015 lalu.

“Harganya lumayan mahal Rp 20 ribu per kilogramnya, itu untuk yang grade pilihan. Karena memang rasanya sangat enak, beda sama jambu-jambu lainnya,” kata Muhtar Efendi Kepala Dinas Pertanian Pati, Senin (10/2/2020)

Dibandingkan dengan jenis jambu lainnya, lanjutnya, jambu berwarna hijau asal Kecamatan Kayen ini memiliki rasa yang sangat manis. Hanya, keberadaan jambu tersebut belum bisa memenuhi permintaan pasar. Apalagi, populasi Jambu Lumut Kayen yang masih terbatas di luar sentra.

“Yang punya induk pohon itu awalnya takut adanya pesaing, tetapi setelah pendekatan dan pendampingan khusus dari kami, akhirnya kami bisa mendapatkan 20 cangkokan untuk dikembangkan,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan bibit dari Pohon Induk Tunggal (PIT) Jambu Lumut Kayen yang terbaik, pihaknya pun mengembangkan di kebun benih untuk memperbanyak populasi.

“Setelah nanti pohonnya besar, baru kita perbanyak dengan berbagai metode seperti cangkok, tempel, okulasi dan juga kultur,” terangnya.

Dengan banyaknya populasi jambu ini, dia meyakini kedepannya varietas Jambu Lumut Kayen akan semakin berkembang disamping mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

“Kabupaten Demak memiliki Jambu Merah Delima dan Citra yang pasarnya sampai Jakarta dan Bandung karena hampir semua rumah di sana ada jambunya. Dan kami ingin Pati juga dikenal dengan Jambu Lumut Kayennya,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.