Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Penasaran Ada Warung Depan Borobudur Terkenal Hingga Prancis

0 6.783

MURIANEWS, Semaang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku penasaran dengan salah satu warung yang ada di depan Candi Borobudur. Pasalnya, warung tersebut kabarnya banyak dibicarakan turis asal Prancis yang datang mengunjungi warisan budaya dunia itu.

Kabar ini didapatkan setelah Ganjar bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir. Disebutkan, jika ada turis asal Prancis yang saban tahun datang ke Borobudur karena keranjingan dengan sajian di warung tersebut.

“Saya penasaran dengan cerita Pak Nasir (Dubes RI untuk Prancis. Saya akan cari tahu warung makan apa yang dimaksud,” kata Ganjar, Senin (10/11/2020).

Ganjar pun menyebut, orang Perancis ternyata suka kuliner khas dan mereka suka bereksplorasi soal rasa.

Sehingga, ke depan pihaknya akan mendorong peningkatan kualitas kuliner di sekitar Borobudur. Tidak hanya rasanya, namun juga kebersihannya, kenyamanannya dan sebagainya.

“Kita bisa mengeksplor soal Borobudur. Kulinernya, even harus diperbanyak, sisi sejarah harus menarik, kerajinan dan potensi-potensi wisata petualangan yang biasanya disukai turis asing. Termasuk sisi seni budayanya,” ujarnya.

Sebelumnya Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir menyebut, jika Borobudur menjadi wisata favorit turis Prancis setelah Bali. Menurutnya, Borobudur sudah sangat terkenal sehingga bisa dikembangkan lagi.

“Di bulan Agustus orang Prancis selalu berpetualang ke berbagai tempat, salah satunya yang sekarang jadi idola adalah Candi Borobudur. Potensi ini harus bisa ditangkap Pemprov Jateng, karena biasanya orang Prancis selalu berlama-lama saat wisata, bisa sampai 10-20 hari masa berliburnya,” terang Nasir.

Ia juga menyebut, dari beberapa warga Prancis yang pernah berkunjung ke Candi Borobudur, Nasir mendapat cerita bagaimana terpukaunya mereka dengan beragam destinasi yang ditawarkan.

Selain candi yang megah, aneka kuliner yang menarik serta kerajinan tangan membuat mereka terpesona.

“Bahkan ada beberapa orang yang tiap tahun ke Candi Borobudur untuk makan di warung kecil depan candi. Seperti warteg dan warung-warung kuliner khas. Katanya makanan yang disajikan sangat enak dan membuat ketagihan. Ada pula yang terkesan dengan seni budaya yang ada di masyarakat,” ucap Nasir.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.