Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Diguyur Hujan Deras, Dapur Warga Batealit Jepara Roboh

MURIANEWS, Jepara – Hujan deras yang mendera sepanjang beberapa jam akhirnya merobohkan bagian dapur rumah Mahmudah (55), warga Desa Batealit RT 12/RW 03, Kecamatan Batealit, Jepara, Sabtu (8/2/2020). Kejadian nahas tersebut berlangsung pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB.

Menurut keterangan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara M Zaenudin, kejadian ini dipicu karena kondisi bangunan yang sudah tua. Bahan-bahan penyangga yang terdiri dari kayu tersebug bahkan diketahui sudah lapuk.

Akibatnya, hujan yang sering turun pada beberapa hari terakhir membuat kondisi bangunan semakin lapuk. Puncaknya pada Sabtu (8/2/2020) pagi, saat hujan deras terjadi, bagian dapur rumah milik Mahmudah akhirnya roboh. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Kondisi bangunannya memang sudah lapuk lantaran usiannya yang sudah tua. Ditambah hujan yang turun beberapa hari terakhir, akhirnya membuat kayu-kayu penahan beban tidak kuat dan runtuh,” katanya.

Mahmudah sendiri merupakan seorang janda yang hidup sendiri di rumahnya. Sudah sejak lama suaminya meninggal. Warga masyarakat sekitar bersama sejumlah pihak melakukan gotong royong membersihkan puing-puing reruntuhan.

Sementara itu, hujan deras yang terjadi pada Jumat (7/2/2020) tengah malam menimbulkan luapan banjir di Dukuh Duren, Desa Tubanan, Kembang, Jepara. Hujan yang turun sejak sekitar jam 20.30 WIB itu menimbulkan genangan banjir.

Ketinggian banjir mencapai sekitar 50 cm di beberapa tempat. Banjir ini disebabkan karena air sungai Serut meluap, akibat tingginya debit air yang timbul. Salah satu rumah yang terdampak cukup parah adalah rumah milik Mbah Sikang (90). Rendaman air di rumah nenek tua ini cukup tinggi.

“BPBD Jepara dan sejumlah pihak sudah melakukan langkah-langkah penanganan. Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...