Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Tolak Mantan Kombatan ISIS Dipulangkan ke Indonesia

0 291

MURIANEWS, Semarang – Wacana tentang pemulangan WNI yang menjadi kombatan ISIS ditentang banyak pihak. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menolak, meski ada di antara para kombatan itu yang tercatat sebagai warga Jawa Tengah. Ganjar khawatir, mereka akan membawa virus radikal ke dalam negeri.

“Meski ada warga Jateng yang juga terafiliasi dengan ISIS di luar negeri, namun saya tidak mengharapkan mereka kembali. Yang saya tunggu kembali ke tanah air itu WNI asal Jateng yang sukses di luar negeri. Bukan mereka (anggota ISIS),” kata Ganjar.

Ia juga berharap pemerintah pusat mempertimbangkan secaramendalam mengenai rencana pemulangan ini. Karena ia khawatir, kepulangan mantan anggota ISIS itu akan merusak upaya deradikalisasi yang selama ini digalakkan pemerintah.

Ganjar menyebut jika Jateng selama ini sedang berupaya melakukan deradikalisasi kepada mereka yang terpapar paham radikalisme, khususnya manan narapidana kasus terorisme. Selama ini, ia selalu intens berkominikasi dengan para eks narapidana terorisme (napiter) di Jawa Tengah yang jumlahnya cukup banyak.

“Dari cerita eks napiter itu, mereka mengatakan betapa bahayanya para eks teroris itu. Apalagi kalau tidak ada pembinaan. Makanya kami ngurusi yang sudah ada saja, kami bina mereka. Itu saja sekarang butuh energi banyak, apalagi kalau ketambahan mereka,” tandasnya.

Menurut Ganjar lagi, WNI anggota ISIS di luar negeri itu sudah bukan lagi tanggungjawab pemerintah. Apalagi mereka sudah dengan sengaja membakar paspornya dari Indonesia.

“Saya kira perlu dipertimbangkan matang-matang untuk pengembalian mereka ke Indonesia,” jelasnya. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.