Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tentara Kodim 0719/Jepara Dikenalkan Virus Corona

MURIANEWS, Jepara – Tentara Kodim 0719/Jepara diberikan sosialisasi penyebarab Novel Coronavirus (nCoV) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona. Sosialisasi diberikan oleh Tim Kesehatan dari Klinik Pratama Kartika 22 Kesdam IV/Diponegoro di Aula Makodim, Jumat (7/2/2020).

Seluruh prajurit TNI dan PNS di lingkungan Kodim 0719/Jepara serta anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Kodim Jepara Koorcab Rem 073/Makutarama, ambil bagian dalam kegiatan ini. Bahkan Kepala Staf Kodim 0719 Mayor Inf M Nurul Habibi, juga mengikuti sosialisasi.

Dokter Luckytia Habibi yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ini menyampaikan, virus corona merupakan kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Virus ini muncul pertama kali di Wuhan, China dan menular dengan cepat, menyebar ke wilayah lain di China dan ke beberapa negara lainnya.

“Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS),” katanya.

Virus corona menular dengan adanya kontak fisik terutama melalui tangan pengidap atau bersentuhan dengan alat-alat yang mengandung virus corona. Penularan bisa terjadi saat virus masuk lewat mulut, hidung, mata melalui tangan atau terhirup. Gejala tertular virus corona bisa terlihat dari demam, flu, pilek, dan gangguan kerongkongan.

Sampai saat ini virus corona belum ditemukan obat atau vaksin untuk mengobatinya. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut, bisa dimulai dengan rajin mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Saat batuk jangan ditutup dengan telapak tangan melainkan dengan lengan tangan agar tidak ada virus atau kuman yang menempel di telapak tangan.

“Cuci tangan dengan benar, gunakan masker jika sedang batuk dan selalu jaga pola hidup yang sehat,” ujar istri dari Kasdim 0719 Jepara, Mayor Inf M Nurul Habibi ini.

Kegiatan sosialisasi ini ditujukan agar seluruh personel Kodim 0719/Jepara tahu apa itu virus corona. Lalu apa saja gejalanya dan bagaimana cara pencegahannya. Jika mendapati gejala-gejala seperti itu, disarankn untuk segera memeriksakan diri ke dokter, klinik kesehatan atau puskesmas terdekat. Sehingga dapat segera diambil langkah penanganannya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...