Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Ada Sentra Pembibitan, Peternak Nila di Pati Terpaksa Beli Bibit ke Yogyakarta

0 116

MURIANEWS, Pati – Ikan nila selama ini menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Pati. Namun, hal itu tidak didukung dengan adanya pembibitan skala besar yang mampu mencukupi kebutuhan para peternak.

Akibatnya, setiap kali para peternak membutuhkan bibit nila, mereka harus pergi keluar daerah untuk membeli bibit tersebut. Sehingga, ongkos pengeluarannya juga bertambah.

Salah satu peternak nila Desa Keboromo Syah Jihan Albi (27) mengatakan, sebagian besar peternak nila Tayu membeli bibit dari Yogyakarta dan Purwodadi. Hal itu terpaksa dilakukan karena di Pati sendiri masih minim penjual bibit yang bagus.

“Untuk harganya perseribu ekor, dari Yogya sampai ke lokasi mencapai Rp 70 ribu. Sementara para peternak biasanya membeli bibit hingga puluhan ribu,” katanya, Jumat (7/2/2020).

Hal ini, lanjut Jihan, jelas akan mengeluarkan ongkos lebih banyak. Sedangkan apabila di Pati ada pembibitan nila yang kualitasnya bagus, setidaknya akan mengurangi 15 rupiah per ekornya.

Dia mengakui, di Pati memang ada pembibitan nila, tetapi skalanya kecil. Sementara kebutuhan peternak cukup besar. Belum lagi kualitasnya juga masih diragukan.

“Setidaknya Pati mempunyai sentra pembibitan nila dengan kualitas bagus, sehingga apabila ikan dilepas di tambak tidak rentan penyakit dan mati,” harapnya.

“Kalau bibit dari Jogja dan Purwodadi ini, kualitasnya sudah teruji. Karena itu banyak peternak nila yang membeli bibit di sana, sekalipun dengan ongkos kirim yang cukup lumayan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.