Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

City Walk di Jalan Sunan Kudus Hanya Akan Dibangun Satu Ruas Saja

MURIANEWS, Kudus – Kawasan pedestrian City Walk di Jalan Sunan Kudus bakal dibangun satu ruas saja. Yakni pada sisi jalan bagian utara, dari arah Alun-Alun Kudus menuju Jembatan Kali Gelis sepanjang 562.

Dengan pertimbangan pada bagian selatan akan menjadi ruang parkir bagi pengunjung kawasan tersebut. Nantinya pedestrian akan dibangun seluas empat meter.

Kasi Tata Bangunan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kudus Muhammad Riza mengatakan, pertimbangan tersebut merupakan saran dari Pelaksana Tugas Bupati Kudus HM Hartopo beberapa waktu lalu. Selain itu, masih ada sejumlah pertimbangan lain dalam hal ini.

“Termasuk rencana penataan PKL juga penggunaan parkir pada sisi timur atau depan Rutan Kudus,” katanya, Jumat (7/2/2020).

Untuk hambatan, kata Riza, di beberapa titik pembangun terdapat bangunan yang sedikit menjorok ke bahu jalan. Salah satunya di dekat minimarket Jalan Sunan Kudus.

Walau demikian, pihaknya tidak akan mengepras bangunan tersebut, melainkan menyesuaikan pembangunan pedestriannya.

Riza menambahkan, ada sekitar empat sampai enam titik yang menjorok, pembangunannya mungkin akan di sesuaikan kontur bangunan tersebut.

Hal tersebut, dikatakannya karena tidak adanya biaya ganti rugi terhadap bangunan. Melainkan hanya ada biaya pembangunan saja. “Kami tidak akan mengepras, pembangunannya akan menyesuaikan,” ujarnya.

Walau demikian, rancangan tersebut masih akan disesuaikan dan difinalkan hingga akhir bulan ini. Untuk lelang sendiri dijadwalkan pada Maret 2020 mendatang.

Kemudian persetujan kontrak realisasi pembangunan awal April 2020 dengan minimal pengerjaan enam bulan. “Proyek ini menggunakan anggaran dari APBD sebesar Rp 16,4 miliar,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...