Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Info Kampus

Mahasiswa KKN Undip di Keborangan Batang Sulap Jagung Jadi Nuget

0 140

MURIANEWS, Batang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Desa Keborangan, Batang memberikan trobosan baru bagi ibu-ibu di desa setempat. Mereka berhasil membuat makanan olahan dari jagung menjadi nuget.

”Desa Keborangan memiliki hasil pertanian yang melimpah. Salah satunya adalah jagung yang menjadi mata pencaharian utama penduduk Desa Keborangan setelah padi,” kata Tutut Okta Hardiyanti, salah satu mahasiswa KKN Undip, Kamis (6/2/2020).

Ia menjelaskan, di berbagai daerah jagung diolah dengan berbagai macam cara sebelum digunakan sebagai bahan makanan. Mulai dari tepung, popcorn, hingga nuget. Dari semua makanan olahan tersebut nuget merupakan jenis olahan makanan yang daya simpannya dalam keadaan beku dan relatif panjang sehingga mampu meningkatkan daya jual.

”Melihat hal itu, kami mengajak ibu-ibu rumah tangga, khususnya yang bergabung di Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk memanfaatkan hasil pertanian jagung yang melimpah,” terangnya.

Untuk menyukseskan hal tersebut, pihaknya bersama mahasiswa KKN mengelar pelatihan di Balai Desa Keborangan. Dari situ, ibu-ibu yang hadir terlihat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Apalagi, mereka langsung diajari cara membuat nuget hingga pemasarannya.

”Kami dari mahasiswa KKN TIM I Undip juga membuatkan desain packaging produk nuget supaya menambah daya tarik saat dijual,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Keborangan Sunaryo menyambut baik langkah mahasiswa KKN Undip tersebut. Ia bahkan mengapresiasi nuget buatan para mahasiswa dan bersedia membatu untuk pemasaran.

”Nugetnya enak, semoga ibu-ibu di sini bisa mempraktekan di rumah dan menjualnya sehingga menambah ekonomi dan pendapatan keluarga,” katanya.

Ia pun berharap produk nuget jagung bisa menjadi terobosan terbaru bagi ibu-ibu PKK dalam menciptakan kreatifitas pangan. Dengan begitu hasil pertanian pangan dapat tercapai dengan maksimal dan memiliki ciri khas tersendiri dalam pengolahan makanan siap saji.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.