Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Desa Payak-Medani Pati Ditanami Pohon Pisang

MURIANEWS, Pati – Kondisi jalan antardesa Payak-Medani, Kecamatan Cluwak yang rusak parah membuat warga setempat geram. Akibatnya, kubangan jalan ditanami pohon pisang. Hal ini dilakukan lantaran jalan tersebut sudah beberapa kali menyebabkan kecelakaan.

Tidak hanya pohon pisang, warga juga menanam sejumlah jenis tanaman seperti laos hingga ketela. Setidaknya ada empat titik utama yang ditanami pepohonan tersebut.

Suyoto, warga RT 15 RW 5 Desa Payak mengatakan, dalam sepekan terakhir sudah ada tiga orang yang jatuh dari kendaraan bermotor saat melintasi jalur tersebut.

“Kami sebenarnya tidak apa-apa mau dibangun apa tidak. Tapi sebagai sesama manusia, apa tidak kasihan jika harus ada orang yang sering jatuh. Seringnya yang menjadi korban bukan warga sini. Mungkin mereka tidak tahu bagian mana jalan yang rusak,” keluhnya, Rabu (5/2/2020).

Tanaman laos ditanam di pinggir jalan antardesa Payak-Madani yang rusak parah. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Menurutnya, panjang jalan yang rusak itu sekitar satu kilometer. Ujungnya yaitu dekat perbatasan dengan Desa Medani. “Setelah itu, kondisi jalanya sudah bagus lagi. Kalau tidak salah jalan ini terakhir diperbaiki pada 2015 lalu,” jelas Suyoto.

Kondisi jalan tersebut turut dibenarkan Camat Cluwak Lucky Pratugas. Menurutnya, jalan tersebut merupakan jalan kabupaten yang menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati. Sehingga, anggaran desa tidak bisa digunakan untuk memperbaiki jalan tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak desa, dan itu memang kewenangan DPUTR. Kami berharap nanti dalam Musrenbang pada 11-12 Februari nanti hal ini diusulkan sehingga akan kami jadikan prioritas kecamatan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...