Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Stok Bawang Putih di Kudus Diperkirakan Hanya Cukup Dua Pekan

MURIANEWS,  Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus memperkirakan stok bawang putih di Kabupaten Kudus hanya bisa bertahan hingga dua pekan ke depan. Hanya saja, masa waktu tersebut masih sebatas perkiraan jika dilihat dari ketersediaan stok yang ada.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti saat meninjau harga bawang putih di Pasar Bitingan, Rabu (5/2/2020) mengatakan, stok bawang putih memang tengah menipis.

Walau masih ada, kuantitasnya tidak sebanyak hari-hari biasanya. Kenaikan harga dalam beberapa hari ke depan pun diperkiran bakal terjadi untuk komoditas tersebut. Dikarenakan kenaikan harga pada distributor.

“Sekarang ada yang Rp 46 ribu ada yang Rp 48 ribu tergantung jenisnya, kami harapkan dalam dua pekan ke depan masih bisa stabil,” katanya.

Sementara salah satu penjual bawang putih Kunyati menyebut, jika sejak melambungnya harga bawang putih, jualannya kini melesu. Jika pada hari-hari normal pihaknya bisa menjual hingga 20 kilogram, kini tak lebih dari lima kilogram.

“Sekarang sedang sepi karena harganya yang melambung tinggi,” ujarnya.

Baca: Dampak Corona, Harga Bawang Putih Impor di Kudus Melonjak Tajam

Sedangkan Kristiyanto (45), salah satu pengusaha kerupuk di Kudus yang menggunakan bawang putih sebagai bahan dasar mengatakan, pihaknya tidak melakukan menyetok bawang putih seperti biasanya. Untuk saat ini, pihaknya hanya membeli sesuai kebutuhan saja.

“Saya biasanya beli lima kilogram untuk stok, tapi saat ini hanya satu kiloan saja untuk kebutuhan produksi,”  ucapnya.

Pihaknya pun mengetahui jika penyebab mahalnya harga bawang putih adalah karena adanya wabah virus corona. Sehingga memengaruhi harga bawang putih.

“Ini kan bawang putih cutting import dari cina, mereka sedang kena wabah corona, jadi mahal,” katanya.

Walau mahal, pihaknya tetap akan membeli bawang putih jenis kating asal Tioongkok tersebut. Karena rasa dari bawang putih kating impor dari Tiongkok memiliki rasa yang kuat.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...