Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dana Rp 35,4 Miliar Disiapkan untuk Perbaiki 169 Sekolah Rusak di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus segera mendata kembali sekolah yang mengalami kerusakan. Hal ini dilakukan menyusul masih adanya laporan sekolah rusak di kota ini.

“Pendataan kita lakukan termasuk pendataan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Purwosari yang atapnya rusak,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus Joko Susilo, Rabu (5/2/2020).

Ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan dana untuk perbaikan terhadap 169 sekolah rusak. Rincian anggarannya, sebesar Rp 23,04 miliar dari APBD Kudus dan sebesar Rp 12,4 miliar dari dana alokasi khusus (DAK). ”Total anggarannya sebesar Rp35,4 miliar,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sekolah yang belum terdata dan mengalami kerusakan parah dan perlu perbaikan segera, akan diupayakan untuk diusulkan lewat APBD Perubahan 2020.

“Nanti akan dibuat dengan skala prioritas untuk dilakukan perbaikan pada perubahan (APBD) nanti. Selebihnya akan diusulkan lewat anggaran berikutnya,” jelasnya.

Baca: Atap SD 2 Purwosari Kudus Nyaris Ambrol, Siswa Ngungsi Belajar di Laboratorium

Kasi Sarpras Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus Supriyono menambahkan, hasil pendataan sementara tercatat ada 29 sekolah yang membutuhkan perbaikan ruang kelas.

Dari jumlah sebanyak itu, dua di antaranya merupakan SMP dan selebihnya merupakan SD. “Ini termasuk SDN 2 Purwosari Kudus yang kemarin ada laporan rusak,” jelasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...