Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Info Kampus

Ubah Sampah Jadi Berkah, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN Undip di Desa Kedungwaru Kidul

0 117

MURIANEWS, Demak – Mahasiswa KKN Undip tahun 2020 Desa Kedungwaru Kidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak mengajak masyarakat dan kelompok tani Desa Kedungwaru Kidul untuk mengubah sampah menjadi berkah. Pasalnya, permasalahan sampah memang belum menemui titik terang untuk pengelolaannya.

Sampah hanya dikumpulkan dan dibakar begitu saja oleh masyarakat, lain halnya dengan mahasiswa KKN Undip yang mengubah sampah menjadi pupuk. Dengan sampah yang menumpuk, mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk mengelolanya melalui pelatihan dan pendampingan pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga dan kotoran ayam.

Dalam pelatihan ini dihadiri oleh seluruh kelompok tani Desa Kedungwaru Kidul. Seluruh peserta pelatihan antusias untuk mempraktekkannya, karena untuk membuat pupuk kompos tidak membutuhkan biaya yang mahal dibandingkan dengan pembuatan pupuk kimia, serta bahan-bahan pembuatan pupuk kompos lebih mudah didapatkan di sekitar kita seperti limbah organik rumah tangga.

Pupuk kompos sendiri memiliki banyak keuntungan, di antaranya lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia dan mampu memperbaiki tekstur tanah yang sudah rusak. Dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk kompos ini juga ikut serta dalam usaha menangani permasalahan sampah yang menumpuk didesa.

“Saya merasa terbantu dengan adanya program pelatihan ini, saya bisa tau caranya bikin pupuk kompos, jadi bisa lebih hemat tidak perlu beli,” terang Imtahadi salah satu anggota kelompok tani Desa Kedungwaru Kidul.
Namun pupuk kompos memiliki beberapa kekurangan di antaranya mengandung lebih sedikit zat hara dibandingkan pupuk kimia. Sehingga memerlukan kuantitas yang lebih banyak daripada pupuk kimia ketika diaplikasikan pada tanah.

“Semoga dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk kompos dari dari tim KKN Undip ini dapat mengedukasi masyarakat terutama para petani tentang pupuk dan pentingnya pengelolaan sampah di Desa Kedungwaru Kidul juga akhirnya mampu meningkatkan hasil pertanian” ucap Kepala Desa Kedungwaru Kidul Bapak Sujadi Rois.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.