Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelanggar Terekam E-TLE di Kudus Naik Dua Kali Lipat

MURIANEWS, Kudus – Penggunaan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) Polres Kudus yang berada di Perempatan Bejagan, Kabupaten Kudus terus dimaksimalkan. Intensitas pelanggar terekam pun naik menjadi dua kali lipat.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega menyebut jika sebelumnya dalam sehari, ada tiga sampai empat pelanggar yang terekam CCTV, kini yang terekam dan terproses naik hingga 10 hingga 15 kendaraan yang terekam E-TLE.

Para pelanggar, akan dikirimi surat tilang melalui Pos berdasarkan rekam data sesuai pelat nomor kendaraannya. “Jumlah pelanggar yang terekam dan terproses tiap harinya bertambah,” katanya, Selasa, (4/2/2020).

Kebanyakan pelanggar masih didominasi pengendara yang tidak memakai helm, melanggar marka berlebihan, serta mengendarai dengan membonceng tiga.

Mereka ini yang terekam saat petugas melakukan pengawasan via online. “Yang paling sering memang tidak memakai helm dan melebihi marka,” katanya.

Untuk pengoperasiannya, kata Galuh, sudah diterapkan 24 jam nonstop. Pihaknya juga menyiapkan tiga personel untuk monitoring secara bergantian. Hanya saja, masih ada beberapa kendala dalam pengoperasian E-TLE tersebut.

Di antaranya adalah spesifikasi CCTV masih kurang mumpuni untuk melakukan zoom sampai benar-benar dekat ke pengendara. Selain itu, kendala lainnya adalah pencahayaan yang redup apabila CCTV beroperasi di malam hari.

“Memang masih ada beberapa kendala, internet yang kadang down juga termasuk kendala,” tambahnya.

Hal tersebut dikarenan sistem E-TLE merupakan sistem yang kompleks. CCTV yang berada di lokasi dihubungkan dengan server untuk mengakses data dari pengendara melalui pelat nomor kendaraan pelanggar. “Jika saat internet down memang sedikit susah,” ucapnya.

Hingga saat ini, pihaknya belum akan menambah jumlah CCTV E-TLE di Kota Kretek. Selain karena sistem yang kompleks, penambahan E-TLE juga harus izin dari Polda Jawa Tengah. Di mana Polres Kudus mengajukan usulan dan disurvei terlebih dahulu oleh Polda Jateng.

“Barulah jika memang sesuai kriteria, maka akan dipasang E-TLE,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...