Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DKK Periksa Kesehatan TKA Asal China yang Bermukim di Jepara

MURIANEWS, Jepara – Pemkab Jepara melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, mulai melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China. Langkah ini dilakukan dalam rangka waspada virus Corona.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di DKK Jepara dr Fachruddin menyatakan, pihaknya masih akan terus melanjutkan pemantauan terhadap para TKA asing asal China yang ada di Jepara. Khususnya mereka yang baru saja tiba di Jepara sesudah menjalani cuti Imlek, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap 13 orang TKA asal China yang baru tiba di Jepara, pekan lalu. Pemeriksaan kesehatan dilakukan terutama dengan mengecek suhu tubuh mereka.

“Sudah ada 13 orang TKA kami cek kesehatannya. Hari ini kami juga kembali melakukan kegiatan yang sama di beberapa perusahaan. Kami akan memastikan kondisi mereka satu-persatu,” ujarnya, Senin (3/2/2020).

Dari 13 orang yang sudah dicek kesehatannya, dinyatakan tidak mengalami masalah kesehatan. Meski demikian pihaknya tetap akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap TKA China tersebut.

Ada puluhan TKA asal China yang bekerja di sejumlah perusahaan yang ada di Jepara. Secepatnya DKK Jepara akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi mereka. Langkah ini diambil Pemkab Jepara sebagai bagian langkah antisipasi dan kewaspadaan terhadap kasus merebaknya virus corona.

Sementara itu sejumlah perusahaan di Jepara menyatakan sangat mendukung kebijakan yang diambil oleh Pemkab Jepara. Semua perusahaan sudah menginstruksikan semua pekerja untuk menggunakan masker pelindung, saat berada di lingkungan pabrik.

Aini salah satu HRD di perusahaan yang memperkerjakan TKA asal China mengatakan, sampai saat ini karyawannya masih dalam pengawasan. Semua tinggal di mes dan tidak ada yang dilakukan perawatan. Sebelum masuk ke Indonesia mereka juga sudah melalui beberapa screaning baik di bandara China maupun Indonesia.

Terpisah, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi bahkan menyatakan sudah menginstruksikan kepada direktur semua rumah sakit di Jepara untuk meniapkan ruang isolasi. Selain itu mereka juga diminta untuk menyiapkan obat-obatan yang diperlukan jika ada pasien postif terjangkit Verona.

“Selain itu  kita juga sudah menyiapkan posko kewaspadaan yang melayani informasi, konsultasi maupun  pemeriksaan kepada pasien yang terjangkit virus korona. Kita antisipasi lebih awal, mudah-mudahan virus korona tidak masuk ke Jepara,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...