Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

11 Mahasiswa Jateng Tertahan di Tiongkok, Ganjar: Kami Bantu Pemulangan

0 96

MURIANEWS, Semarang – Sebanyak 15 warga asal Jawa Tengah tercatat tengah menemupuh pendidikan di Tiongkok. Dari jumlah itu, empat mahasiswa sudah berhasil dipulangkan dan 11 lainnya masih tertunda.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, empat mahasiswa Jateng yang telah dipulangkan dari Tiongkok berasal dari Banyumas. Mereka tiba di Jateng pada Sabtu (1/2/2020) kemarin, dan langsung menjalani pemeriksaan di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto.

Ia menyatakan, dari hasil pemeriksaan medis keempat mahasiswa itu dinyatakan tak terpapar virus corona.

“Tidak ditemukan gejala dan tanda yang masuk kategori Novel Coronavirus (nCoV). Tidak ada riwayat kontak dengan penderita, sehingga masuk dalam kategori pemantauan saja karena belum suspect,” kata Ganjar, Senin (3/2/2020).

Ia mengatakan, dalam proses pemantauan itu keempat mahasiswa itu telah dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas akan rutin melakukan pemeriksaan kepada mereka.

Sementara terkait sebelas mahasiswa Jateng yang masih tertahan di Tiongkok, Ganjar menyebut, pihaknya dan pemerintah pusat masih terus mengupayakan pemulangan mereka.

“Masih kami upayakan, masih menunggu komunikasi Kementerian Luar Negeri dengan pemerintah Tiongkok. Kami berharap bisa secepatnya,” ujarnya.

Ganjar memastikan, akan terus memantau perkembangan warga Jateng yang masih berada di Tiongkok. Pihaknya juga menyatakan siap membantu proses pemulangan mahasiswa tersebut.

“Yang sisanya akan kami bantu, karena beberapa yang lain sambat tidak punya uang untuk pulang,” pungkasnya.(lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.