Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Geger Lima Pasien Terkena Virus Corona Satu Tewas di Semarang, RSUP Kariadi: Itu Hoaks

MURIANEWS, Semarang – Informasi yang beredar di media sosial terkait lima pasien di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi semarang terjangkit virus Corona atau Novel Coronavirus (nCov) hingga salah satu di antaranya meninggal dunia dibantah oleh pihak rumah sakit. Mereka juga memastikan informasi itu hoaks.

Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUP dr Kariadi Semarang Nurdopo Baskoro seperti dikutip Antara Jateng, Senin (3/2/2020). Ia pun meminta masyarakat, khususnya di Jawa Tengah tetap tenang dan tidak menerima informasi tersebut mentah-mentah.

”Jadi kami sampaikan informasi mengenai lima pasien suspect itu tidak benar. Informasi itu hoaks,” katanya.

Ia menjelaskan, awal mula informasi hoaks tersebut memang berawal dari video yang dipotong oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Video yang diketahui diambil dari penayangan KompasTV saat simulasi penanganan pasien yang terinfeksi virus Corona dipotong dari dua menit 12 detik hanya diambil di bagian awal, yakni 36 detik pertama.

Di bagian tersebut, KompasTV memang belum menjelaskan kegiatan penanganan pasien yang diduga telah terinfeksi virus corona itu merupakan rangkaian simulasi yang digelar Rumah Sakit Umum Pusat dr Kariadi Semarang.

Hal tersebut dimanfaatkan oknum tersebut dan menyebarluaskan hingga membuat masyarakat resah. Karena itu, ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada serta tidak ikut serta menyebarkan hoaks.

”Kami harap masyarakat juga lebih bijak untuk mengetahui kebenaran informasi yang didapat dan tidak turut serta membuat atau menyebarkan video editan yang meresahkan semua pihak,” pintanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara Jateng

Comments
Loading...