Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada Pos Pantau dan Informasi Corona di Terminal Induk Kudus

MURIANEWS, Kudus – Selain menyiapkan ruang isolasi untuk pasien virus corona di RSUD Loekmono Hadi Kudus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus juga menyiapkan posko layanan khusus di Terminal Induk Jati Kudus. Posko ini memberi pelayanan informasi terkait virus yang mewabah dan menyebar ke sejumlah negara tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, adanya pos pantau merupakan instruksi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Di mana di tiap kabupaten/kota harus punya satu posko layanan informasi terkait virus tersebut.

“Ini telah kami persiapkan di Kudus, ada satu titik di Terminal induk,” ucapnya usai meresmikan ruang isolasi pasien virus corona di RSUD Kudus, Sabtu (1/2/2020).

Posko pelayanan tersebut dibangun di Terminal Induk Jati, atau di depan Kudus City Walk. Sejumlah tim medis yakni perawat dan dokter pun telah disiagakan di posko layanan tersebut.

“Sudah kami siapkan, kami bangun kemarin dan ini sudah beroperasi,” ujarnya.

Selain untuk layanan informasi, posko layanan juga bertujuan untuk menangani apabila ada pengendara yang merasa jika dirinya memiliki gejala mirip virus corona. Yakni demam, flu, batuk, hingga sesak nafas.

Setelah mendapat penganangan di posko tersebut, lanjutnya, apabila diperlukan maka akan segera dirujuk ke RSUD Loekmono Hadi Kudus untuk segera mendapat perawatan intesnsif. “Semua aspek telah kami siapkan untuk penanganan ini,” jelasnya.

Walau demikian, Hartopo berharap jika Kudus tetap aman dari virus corona. Hingga hari ini sendiri, pihaknya belum mendapat laporan terkait adanya warga Kudus yang bakal pulang dari Wuhan, China saat evakuasi besar-besaran oleh Pemerintah pusat.

“Kami belum dapat laporan, kami harap Kudus aman dari virus ini,” terangnya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi, Kudus tengah menyiapkan satu ruangan khusus guna mengantisipasi jika ada penyebaran virus Novel Corona Virus (nCOV) di Kota Kretek.

RSUD Kudus sendiri menjadi salah satu rumah sakit di Jawa Tengah yang menjadi rujukan penanganan pasien corona. Rumah sakit ini juga telah dilengkapi ruang isolasi khusus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...