Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bakal Diberi Modal, Pelamar Program Wirausaha Baru di Kudus Membeludak

MURIANEWS, Kudus – Ratusan pelamar wirausaha baru akan segera diseleksi oleh Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus. Seleksi proposal akan dilakukan pada awal Maret 2020 mendatang.

Anggun Nugrogo, Kepala UPTD BLK pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus, Sabtu (1/2/2020) mengatakan, pada tahapan itu nanti proposal yang sudah masuk akan diseleksi.

Pihaknya akan memanggil para calon wirausaha baru di Kudus. Mereka akan diminta memaparkan mengenai proposal bisnis yang diajukan. “Kita panggil. Kita undang wawancara satu persatu,” katanya.

Nanti setelah dilakukan seleksi akan diumumkan kelompok mana saja yang lolos. Setelah diterima diperkirakan April sudah mulai mendapatkan pelatihan.

“Tahun ini rencanannya ada sebanyak 550 peserta baru. Mereka akan dilatih tentang wirausaha,” ujarnya.

Adapun untuk anggaran, pemkab telah menyiapkan dana sebesar Rp 5,5 miliar. Kemudian untuk pelatihannya ada sebesar Rp 900 juta.

Ditambahkan dia, hingga kini sudah ada sekitar 300 lebih proposal kelompok wirausaha baru. Setiap kelompoknya ada sebanyak lima orang. Padahal untuk tahun ini hanya membuka 550 orang saja.

“Artinya masih ada ratusan kelompok wirausaha baru yang masing menunggu. Bahkan menunggu hingga dua tahun,” jelasnya.

Seperti diketahui, program wirausaha baru merupakan program Pemkab Kudus. Setiap tahunnya ditarget mencetak 500 wirausaha baru.

Mereka tergabung dalam satu kelompok. Setiap kelompok terdiri dari lima orang. Setiap orang wirausaha baru akan mendapatkan bantuan modal sebesar Rp 10 juta.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...