Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Relawan Bencana Gotong Royong Bantu Perbaiki Rumah Korban Puting Beliung di Pati

MURIANEWS, Pati – Ratusan relawan gabungan membantu korban angin puting beliung di Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti. Mereka membantu memperbaiki rumah yang roboh maupun rumah yang atapnya hilang terbawa angin.

Kepala BPBD Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, relawan gabungan yang terdiri dari berbagai unsur sejak kemarin hingga hari ini, terus bergotongroyong untuk membangun kembali rumah warga yang rumahnya roboh dan mengalami kerusakan.

“Selain mendata rumah rusak, para korban luka, kami juga memberikan bantuan kebutuhan pokok. Kami bersama relawan lainnya bersama-sama membangun kembali rumah warga yang roboh dan rusak,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Jumat (31/1/2020).

Kebutuhan bahan pokok yang diberikan BPBD Pati di antanya, beras, minyak, gula, mi instan dan kebutuhan krusial lainnya. Termasuk memberikan bantuan perlengkapan sekolah semisal alat tulis serta seragam.

“Ternyata ada korban yang terdampak, anaknya masih sekolah dan seragam buku rusak semua, akan kami bantu untuk itu,” jelasnya.

Ia merinci, di Desa Puncel ada sebanyak dua rumah yang roboh terhempas angin, sementara rusak berat 10 rumah dan sebanyak 20 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Sedangkan di Desa Tegalombo, tercatat satu rumah rata dengan tanah dan 29 rumah lainnya rusak.

“Total ada tiga rumah yang roboh. Untuk korban luka atas nama Paini Parno luka pada bagian punggung dan sudah pulang dari Puskesmas. Satu lagi, Sardi luka pada bagian kepala dan harus dijahit,” papar Budi.

Sementara itu, Sumarlan warga setempat membeberkan, bencana tersebut terjadi pada 17.00 WIB. Sebelum terjadi peristiwa nahas yang menyebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah, permukiman nelayan itu sempat diselimuti mendung yang sangat pekat.

“Putaran angin itu dari arah barat menuju ke timur, menyasar permukiman warga. Bergerak terus ke arah timur. Anginnya dapat dilihat, terus beputar beberapa menit di sini dan menuju ke timur,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...