Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cakades Terpilih di Pati Diminta Pahami Regulasi Tata Kelola Keuangan Desa

MURIANEWS, Pati – Banyaknya anggaran dana dari pemerintah pusat provinsi maupun daerah yang masuk ke kas desa, harus dikelola dengan baik. Pasalnya, uang tersebut adalah untuk kepentingan rakyat dan untuk pengembangan desa.

Dalam hal ini, kepala desa mutlak harus mengetahui tata kelola keuangan desa yang baik. Hal itu agar mereka tidak mudah tersandung kasus hukum.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pati Haryanto saat memberikan pengarahan dan pembekalan untuk para calon kepala desa (cakades) terpilih hasil Pilkades Serentak Gelombang III di Hotel New Merdeka, Jumat (31/1/2020).

“Kalau kegiatan peningkatan kapasitas dan kapabilitas kepala desa akan dilakukan setelah mereka dilantik. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga para kepala desa tidak perlu menghadapi persoalan hukum,” katanya.

Lebih lanjut bupati menuturkan bahwa pemerintah desa saat ini menerima alokasi anggaran dalam jumlah luar biasa.

“Tentu kepala desa harus mempunyai pemahaman terhadap fungsi pengelolaan keuangan desa dan wewenang kepala desa,” tegasnya.

Disamping itu, kepala desa juga harus mempunyai perilaku dan tindakan dan personalitas yang baik. Sehingga bisa merepresentasikan figur seorang pemimpin yang segala perilakunya dapat dipertanggungjawabkan.

Mereka juga diminta menjalin sinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, dan lembaga-lembaga lainnya.

“Juga harus bisa menyinkronisasikan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk mengoptimalisasi anggaran agar tidak berjalan sendiri-sendiri,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...