Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diapresiasi KKP, Budidaya Udang Jerbung dan Rajungan Jepara Bakal Dimaksimalkan

0 58

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara diharapkan mampu mengembangkan potensi udang Jerbung dan Rajungan yang dibudidayakan banyak petani di Kota Ukir. Dengan berkembangnya budidaya ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Plt Jepara Dian Kristiandi menyatakan, terkait pembudidayaan udang lokal Jembrung, Jepara mendapatkan banyak apresiasi. Baik Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) maupun Pemerintah Jawa Tengah, menyampaikan apresiasi ini.

Menteri KKP Edhy Prabowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin bahkan menyampaikan langsung apresiasi tersebut untuk Kabupaten Jepara. Hal ini menurutnya harus bisa dijadikan sebagai sebuah motivasi bagi para pelakus usaha budidaya.

“Pak Wagub Jateng Taj Yasin secara khusus memberikan apresiasi bagi Kabupaten Jepara. Selain Pemalang dan Brebes, Jepara disebutkan beliau juga telah mampu membudidayakan udang jerbung. Ini beliau katakan saat mendampingi pak menteri yang hadir di Jepara kemarin,” ujar Dian Kristiandi, Jumat (31/1/2020).

Menurut Dian Kristiandi, Wagub Jateng menyebutkan komoditas udang dari Jateng jumlahnya masih di atas rata-rata. Pada tahun 2018 ada sebanyak mencapai 510.324 ton. Sedangkan pasar untuk komuditas ini juga masih sangat terbuka lebar.

Untuk itu diharapkan sektor ini bisa terus terus didorong dan dikembangkan bersama-sama. Potensinya akan sangat mungkin bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Tentu saja ini sangat memberi sebuah harapan. Kami tentu juga sangat berkepentingan dalam usaha pengembangan itu. Perhatian dari Pemerintah Pusat dan Propinsi Jawa Tengah, jelas harus direspon dengan baik oleh kami,” tambah Dian Kristiandi.

Pemkab Jepara selanjutnya berharap para petani tambak khususnya yang ada di Jepara tidak lagi menyimpan keraguan untuk melakukan budi daya udang. Meski masih ada beberapa kendala, seperti permasalahan pinjaman modal, hal ini tidak harus mengendorkan niat untuk terus berkembang.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.