Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Edhy Prabowo: KKP Adalah Rumah Bersama Bagi Nelayan

MURIANEWS, Jepara – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memastikan kepada semua pihak, bahwa Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah rumah bersama bagi semua pihak. Pernyataan ini disampaikannya saat berada di Jepara, Kamis (30/1/2020).

Pihaknya memastikan tidak akan ada lagi kriminalisasi terhadap nelayan dalam kaitannya dengan masalah kelautan dan perikanan. Hal ini seiring dengan telah dilakukannya koordinasi dan komunikasi dengan Kapolri, KASAL dan Kejagsaan Agung. Masalah-masalah yang terjadi terkait hal ini akan diselesaikan secara persuasif.

“KKP adalah rumah kita bersama, tidak ada lagi KKP yang seolah-olah musuh bagi nelayan. Ke depan tidak ada lagi kriminalisasi terhadap nelayan. Apabila ada permasalahan, akan diselesaikan secara persuasif. Tentu saja di luar mereka yang melakukan pengeboman ikan dan aktifitas kejahatan lainnya,” ujar Edhi Prabowo, Kamis (30/1/2020).

Dalam kesempatan yang sama, pihaknya juga memastikan akan melakukan kemudahan dalam soal perizinan kapal. Jika sebelumnya perizinan diproses sampai 14 hari, maka saat ini bisa diurus hanya dalam waktu 1 jam saja.

Dalam kunjungannya ke Jepara, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo juga memberikan bantuan kepada sejumlah Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN). Total bantuan yang diberikan mencapai Rp 96,3 juta rupiah, berupa benih ikan, udang, rajungan dan pakan.

Benih ikan nila senilai Rp 4,5 juta diberikan kepada Pokdakan Marsudi Boga, Mlonggo, Jepara, Benih udang Windu senilai Rp 4 juta kepada Pokdakan Bangun Tani (Bonang, Demak), Benih udang paname seharga Rp8 juta kepada Pokdakan Pasopati Jaya (Wedung, Demak), dan Benih bandeng senilai Rp 4,5 juta kepada Pokdakan Sumber Ayem (Wedung, Demak).

Selain itu juga ada bantuan berupa pakan untuk ikan dan benih rajungan. Pakan ikan mandiri sebanyak enam ton senilai Rp 42 juta diserahkan untuk Pokdakan Mina Dakar (Mirit, Kebumen) dan Benih Rajungan senilai Rp 12,5 juta diserahkan untuk Pokdakan Berkah Samudra (Jepara).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...