Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Anjlok, Taj Yasin: Petani Garam Pati Perlu Diselamatkan

1 238

MURIANEWS, Pati – Rendahnya harga jual garam di tingkat petani, membuat Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemoen bersuara. Dia menyebut bahwa petani garam Pati perlu diselamatkan.

“Dengan harga yang segitu, petani garam di Pati patut diselamatkan,” katanya saat mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk meresmikan Gudang Garam Nasional (GGN) di Pati, Kamis (30/1/2020).

Orang nomor dua di Jateng itu juga menyebut, Pati adalah produsen garam terbesar di Jateng. Disusul kemudian Rembang, Demak, dan Jepara. Maka sangat disayangkan apabila nasib petani ini tidak diperhatikan.

“Kami berupaya maksimal agar petani garam, tidak hanya di Pati tetapi seluruh Jawa Tengah dapat menjual garam dengan harga layak,” ungkapnya.

Taj Yasin menambahkan, mana kala produksi garam ini sudah maksimal, tetapi harganya rendah, tentu yang kasihan adalah petani. Karena itu, dia juga berharap kepada Menteri KKP untuk menyetabilkan harga garam tersebut.

Keluhan yang sama juga disampaikan oleh Bupati Pati Haryanto. Dia membeberkan, data tahun 2019 lalu, produksi garam di Pati mencapai 350 ribu ton. Garam tersebut, semua garam itu saat ini masih ditimbun oleh para petani.

“Semua (garam) ada di tanggul, ditutup dengan terpal, karena mau dijual tapi harganya rendah,” ungkapnya.

Haryanto juga berharap Menteri KKP Edhy Prabowo dapat memberikan solusi kepada petani garam. Sehingga, setidaknya para petani garam ini dapat menjual garamnya dengan harga yang lebih baik.

“Kalau hargannya Rp 200 – Rp 350 per kilogram, petaninya malah rugi. Karena itu, kami harap Bapak Edhy Prabowo dapat memberikan solusi kepada petani garam di Pati,” tutupnya. (lhr)

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

  1. Putra Garam berkata

    Hallo Admin,
    Sekali kali angkat berita garam di daerah kani dong.
    Kamiboetani garam Jeoara juga ingin di dengar halayak ramai tentang kondisi petani garam di daerah kami.

    Kalau soal kualitas garam. Di Jeoara tidak kalah dibanding dengan daerah lainya.

    Terima kasih sebelumnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.