Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Datang ke Pati, Edhy Prabowo Janji Segera Selesaikan Polemik Nelayan Cantrang

MURIANEWS, Pati – Mendekati akhir perpanjangan izin alat tangkap cantrang, para nelayan pun mulai resah. Apalagi pada Februari nanti, cantrang dikabarkan sudah tidak boleh beroperasi.

Menanggapi hal itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengaku perlu mengkaji kembali penggunaan alat tangkap ikan tersebut. Pasalnya, cantrang dianggap bisa merusak lingkungan.

Dia juga mengaku tidak bisa serta merta melegalkan alat tangkap cantrang itu. Karenanya, pihaknya lebih memilih untuk lebih dulu mendengarkan aspirasi para nelayan sebelum mengambil keputusan.

“Aspirasi cantrang saya masih minta waktu dulu. Karena cantrang ini, ada yang minta dihidupkan, ada yang minta dilarang karena merusak lingkungan. Saya ke Pati ini adalah dalam rangka untuk menyerap aspirasi dan mengajak dialog para nelayan yang ada di Jawa Tengah,” katanya, Kamis (30/1/2020).

Dia juga mengatakan, selama menjadi menteri KKP, pihaknya sudah diberikan amanat oleh Presiden Joko Widodo untuk memperbaiki komunikasi dengan para nelayan. Dalam hal ini, nelayan harus dibantu dan harus diperhatikan.

Dia juga mengaku, setelah mendengarkan aspirasi dan mengajak dialog para nelayan ini, selanjutnya akan memutuskan langkah yang harus diambil. Termasuk legalitas cantrang dan proses perizinan kapal.

“Karena saya dengar, mendekati Februari ini sudah banyak nelayan yang teriak, nasib cantrang bagaimana pak? izin kapal bagaimana pak? semua itu masih kami kaji,” ungkapnya.

Menurutnya, semua proses itu saat ini sedang menuju penyempurnaan. Termasuk masalah izin kapal yang diperbolehkan untuk melaut, dia janji sampai akhir Februari semuanya akan selesai.

“Kami usahakan, akhir Februari masalah izin ini sudah selesai,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...