Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan Gudang Garam di Pati

MURIANEWS, Pati – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meresmikan Gudang Garam Nasional (GGN) di Desa Sambilawang, Kecamatan Trangkil, Pati, Kamis (30/1/2020).

“Saya hadir ke sini dalam rangka ingin mengecek langsung situasi pernelayanan di Jawa Tengah. Kami ingin melihat apa yang menjadi kendala. Peresmian GGN ini hanya sebagian kecil saja,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan sektor budidaya, termasuk budidaya garam. Menurutnya, ini akan menjadi perioritas agar perekonomian di wilayah laut ini semakin maju.

“Industri garam di Jawa tengah ini cukup maju. Kami juga sudah komitmen untuk memajukan industri garam ini,” imbuhnya.

Sementara Bupati Pati Haryanto mengatakan, kunjungan Kementerian Kelautan dan Perukanan (KKP) ini merupakan momentum yang langka. Sehingga ini merupakan kesempatan bagi para petani garam untuk menanyakan beberapa kebijakan kepada Menteri Kelautan.

“Para petani garam Pati ini sangat terpuruk, karena harganya sangat anjlok, yakni Rp 200-Rp 350 per kilogram,” katanya.

Karena itu, dengan adanya GGN ini, nantinya garam yang yang belum laku bisa timbun di GGN. Apabila harganya sudah normal, baru garam di jual ke pasar.

“Kalau harga rendah, kan kasihan para petani garam. Apalagi, garam kita (Pati) ini terbaik setelah Madura,” ungkapnya

Dia berharap, Menteri Edhy bisa memberikan solusi terkait rendahnya harga garam ini.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...