Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kunjungi Blora, Mendag Resmikan Pasar dan Bagikan Bantuan

0 73

MURIANEWS, Blora – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melangsungkan kunjungan kerja ke Kabupaten Blora, Rabu (29/1/2020). Ada sejumlah agenda yang dilakukan Agus selama berada di kota Sate tersebut.

Di antaranya, meresmikan proyek pembangunan Pasar Rakyat Kecamatan Banjarejo serta mengecek harga dan berdialog dengan pedagang Pasar Rakyat Sido Makmur, Kecamatan Blora.

Selain itu, ada satu agenda utama yang dilakukan di pendapa rumah dinas bupati. Yakni, menyerahkan bantuan sarana perdagangan berupa sebanyak 450 unit gerobak dagang, 115 unit rombong motor, 125 unit tenda dan 290 unit coolbox atau kotak pendingin.

Bantuan itu diserahkan kepada 18 bupati/walikota dari Provinsi Jateng dan DIY. Masing-masing Kabupaten Blora, Kebumen, Jepara, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Purworejo, Boyolali, Wonogiri, Demak, Pekalongan, Sukoharjo, Kendal, Bantul, Kulonprogo, Kota Pekalongan, dan Kota Tegal.

Mendag Agus Suparmanto mengungkapkan, bantuan itu merupakan bukti keberpihakan pemerintah terhadap usaha mikro kecil untuk meningkatkan kinerja perdagangannya. Selain itu, pemberian bantuan juga sebagai upaya mendorong tumbuhnya pusat-pusat kuliner di berbagai wilayah tersebut.

“Kami harapkan, pemberian bantuan ini menjadi stimulus bagi pemerintah daerah untuk dapat mendukung pemberdayaan usaha mikro. Kami juga mendukung rencana beberapa pemda yang akan merelokasikan para pedagang kecil di suatu area yang baru dan higienis,” ujar Agus.

Kepada para penerima diharapkan bisa memanfaatkan bantuan tersebut secara tepat dan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi secara regional.

“Pemberian bantuan ini merupakan langkah awal untuk mendorong pedagang kecil menjadi pelaku usaha menengah untuk kemudian kami bantu lagi dari tingkat menengah menjadi pelaku usaha besar,” tegasnya.

Agus menambahkan, Kemendag juga siap memberikan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah hanya 6 persen tanpa agunan apapun.

Sedangkan prosesnya bisa dilakukan dengan lembaga keuangan yang telah bekerja sama dengan Kemendag, seperti BRI.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.