Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tips Terhindar Virus Corona Menurut Direktur RSUD Kudus

MURIANEWS, Kudus – Menyebarnya virus corona jenis baru atau yang dikenal dengan Novel Corona Virus (nCOV) yang mewabah di kota Wuhan, China mulai menghantui. Sejumlah negara melakukan langkah-langkah agar virus ini tak masuk ke wilayahnya, tak terkecuali Indonesia.

Walau bukan daerah endemi dari virus tersebut, masayarakat di Indonesia tetap harus waspada dalam hal ini. Agar hal-hal yang tidak diinginkan seperti penularan virus tidak terjadi.

Direktur RSUD dr Loekmonohadi Kudus Abdul Aziz Achyar pun menyebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya terhindar dari virus tersebut.  Aziz menyebut ada enam poin yang sebaiknya dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus yang membuat sejumlah kota di Tiongkok harus diisolasi tersebut.

Yang paling awal, kata Aziz adalah segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit ataupun Puskesmas jika merasakan demam, batuk, dan sesak nafas usai melakukan perjalanan ke negara endemis virus.

“Yakni di Wuhan, China. Memang sebaiknya skrining terlebih dahulu,” katanya, Selasa (28/1/2020).

Yang kedua, yakni menerapkan etika batuk ketika berada di keramaian. Begitu juga dengan etika bersin yang seharusnya menutupi mulut dengan tisu atau penutup lainnya. “Segera berobat jika memang terkena flu yang berat,” katanya.

Sedang yang ketiga, menggunakan masker ketika tengah sakit flu pun dianjurkan. Sekali lagi, Aziz mewanti agar pasien segera berobat apabila mengalami gejala infeksi saluran nafas disertai flu, demam, dan batuk.

Baca: RSUD Kudus Siapkan Ruang Isolasi Pengidap Corona

Selanjutnya, lanjut Aziz, adalah selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet ataupun setelah memegang hewan. Mencuci tangan juga dianjurkan dilakukan sebelum dan setelah memegang makanan.

“Yang kelima pencuciannya menggunakan air yang mengalir. Bisa juga dengan menggunakan cairan pembersih yang kadar alkoholnya 70 sampai 80 persen,” jelasnya.

Untuk langkah terakhir, Aziz menyarankan apabila tengah sakit, maka sebaiknya mengurangi aktivitas di luar rumah. Serta mengurangi kontak dengan orang lain.

“Yang terpenting dari semuanya adalah apakah orang tersebut punya riwayat perjalanan (ke negara terdampak corona) atau tidak. jika tidak bisa saja hanya flu biasa,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...