Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Di Jateng Ada Pasien Terindikasi Suspect Corona, Ganjar Imbau Tak Panik

0 361

MURIANEWS, Semarang – Dua rumah sakit di Jawa Tengah saat ini tengah merawat dua orang yang terduga terpapar virus Corona. Dua rumah sakit itu yakni RSUD Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUP dr Kariadi Semarang.

Sebelumnya, RSUD dr Moewardi Solo juga dikabarkan tengah merawat pasien suspect corona. Namun kabar itu dibantah pihak rumah sakit, lantaran pasien itu tak punya riwayat bepergian ke Tiongkok atau negara-negara yang terpapar virus tersebut.

Sementara di RSUD Margono Soekarjo tengah melakukan obeservasi terhadap warga negara asing (WNA) di Cilacap yang baru datang dari Wuhan, Tiongkok. Begitu juga di RSUP dr Kariadi Semarang ada pasien dengan keluhan flu dan punya riwayat pernah bepergian ke Tiongkok.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat agar tak panik. Ia menyatakan, telah memerintahkan dinas terkait untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

” Masyarakat tidak perlu panik. Yang di Kariadi belum dipastikan, saya minta cek langsung. Komunikasi langsung dengan pengelola rumah sakit.,” kata Ganjar, Selasa (28/1/2020).

Ia juga mengakui mendapat laporan adanya pasien terduga terpapar virus corona di Cilacap dan RSUP dr Kariadi. Saat ini menurutnya, semuanya sudah dalam penanganan medis.

Untuk pasien di Cilacap menurut Ganjar yang terduga terpapar, merupakan WNA Shanghai yang baru datang dari Wuhan untuk liburan di Cilacap.

“Datang ke Cilacap bersama keluarga liburan dari Wuhan. Mengeluh batuk pilek sekarang sedang diobservasi di rumah sakit,” tandasnya.

Ganjar juga memastikan, pemantauan di perbatasan sudah diperketat sejak virus ini menyebar. Sejumlah rumah sakit juga telah disiapkan sebagai rujukan jika ada pasien suspect corona. Rumah-rumah sakit ini telah dilengkapi dengan ruang isolasi.

”Saat virus ini baru menyebar, kami sudah perintahkan pintu masuk Jateng dijaga. Ada posko untuk pengecekan. Rumah sakit juga harus lapor juga ada dugaan,” teranganya.

Baca: RSUD Kudus Siapkan Ruang Isolasi Pengidap Corona

Oleh karenanya, Ganjar juga meminta masyarakat tak panik dan segera memeriksa ke instalasi kesehatan jika merasakan gejala-gejala seperti batuk, pilek dan sesak napas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, ada 10 rumah sakit yang disiagakan untuk melayani pasien suspect corona.

Rumah-rumah sakit itu yakni, RSUP Dr Kariadi Semarang, RSUD Dr Moewardi Solo, RSUD Tidar Magelang, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD Margono Soekarjo Purwokerto Banyumas, RSUD Kardinah Kota Tegal.

”Ada juga beberapa rumah sakit di Kudus, Klaten, dan Kendal. Kami aktifkan kewaspadaan terhadap kasus ini. Tenaga kesehatan juga sudah siap,” terangnya.(lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.