Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dongkrak PAD, Plt Bupati Ajak Semua Juru Parkir di Kudus Jujur

0 88

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo meminta pada semua juru parkir di Kota Kretek untuk jujur terkait pendapatannya dalam sekali waktu parkir. Hal tersebut dilakukan guna mendongkrak realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor parkir.

“Para tukang parkir ini kami minta memang harus jujur,” kata ketika saat memberikan pembianan pada 150 juru parkir di pendapa kabupaten, Selasa (28/1/2020).

Permintaan tersebut dilakukan Hartopo menyusul adanya temuan setoran parkir yang sangat minim. Padahal pemasukan dari juru parkir cukup banyak.

Hartopo mencontohkan, jika juru parkir menyetor pada Dishub hanya sebesar Rp 5.000 saja, padahal pendapatan aslinya mencapai Rp 50 ribu.

Oleh karena itu, pihaknya akan kembali melakukan kajian parkir secara keseluruhan. Dengan pertimbangan bisa mencari metode terbaik untuk bisa mencapai target PAD pada sektor parkir tersebut.

“Tentu kami akan lakukan pengkajian, tiap kantong-kantong parkir akan kami pantau,” ucapnya.

Metode bagi hasil atau 50 banding 50 pun turut diutarakan pihaknya. Yakni apabila juru parkir mendapat Rp 100 ribu, setoran pada Dishub adalah Rp 50 ribu. Sisanya, kata Hartopo bisa untuk juru parkir sendiri.

Pengkajian juga akan menentukan besaran tarif parkir yang bakal dipergunakan. Kenaikan tarif parkir, kata Hartopo tentu sangat dimungkinkan guna turut andil membantu pencapaian target tersebut. “Timnya akan dari kalangan internal, untuk penghematan anggaran,” lanjutnya.

Penyeragaman tarif pun bakal ditekankan Hartopo. Pihaknya tidak ingin adanya kesenjangan dalam tarif parkir di beberapa lokasi. Seperti pada Balai Jagong yang ditemukan tiket parkir sebesar Rp 3 ribu untuk kendaraan bermotor.

“Kami akan undang, saya tekankan juga jangan setoran di luar pemkab, dalam hal ini Dishub,” terangnya. (nap)

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.