Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada yang Terlibat Pidana dan Enam Bulan Tak Ngajar, Tiga PNS di Kudus Diusulkan Dipecat

MURIANEWS, Kudus – Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus akhirnya mengusulkan tiga guru bersatus pegawai negeri sipil (PNS) untuk dipecat. Mereka diketahui telah mangkir kerja lebih dari 176 hari atau hampir enam bulan.

“Ada tiga ASN (aparatur sipil negara) yang kami usulan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk dipecat,” kata Plt Kepala BKPP Kudus Catur Widyatno, Selasa (28/1/2020).

Ia mengatakan, sebelumnya ada empat ASN yang terancam dipecat. Mereka dari kalangan guru SD dan staf tata usaha (TU) di salah satu SMP di Kudus.

Namun ada satu ASN yang setelah dilakukan pemeriksaan ternyata sakit. ASN yang bersangkutan sakit psikologi. Sehingga tidak diusulkan untuk dipecat.

“Satu ASN ini salah satu guru kondisi sakit. Harus diuji tim dokter. Hasilnya sudah ada. Bersangkutan ada gangguan kejiwaan. Karena faktor keluarga,” ujarnya.

Sedangkan tiga ASN lainnya sudah diusulkan untuk dipecat, karena mereka telah mangkir lebih dari ratusan hari. Sebelumnya mereka juga diberikan peringatan, namun tidak diindahkan sama sekali.

Baca: Mangkir Kerja, Empat ASN di Kudus Terancam Dipecat

Untuk dua ASN dari tiga itu diusulkan pemberhentian dengan hormat. Sedangkan satunya diusulkan dipecat dengan tidak dengan hormat (PTDH) karena ASN ini juga melanggar tindak pidana. “Ini sudah kita usulkan. Tinggal kita menunggu surat keputusannya itu saja,” jelasnya.

Meskipun demikian ia mengimbau kepada para ASN untuk disiplin dalam bekerja. “Kami. Mengimbau para ASN agar disiplin dalam bekerja,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...