Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Galian C Ilegal di Bungu Jepara Ditutup Polisi, Satu Alat Berat Diamankan

MURIANEWS, Jepara – Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto menutup galian C ilegal di Desa Bungu, Kecamatan Mayong, Senin (27/1/2020). Penutupan tersebut dilakukan saat sidak bersama Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama forkopinda.

Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto menyatakan, kegiatan galian C yang tidak berizin atau illegal harus ditindak tegas. Karena itu pihaknya langsung menginstruksikan perwira stafnya untuk memasang garis polisi, saat melakukan sidak lokasi tambang galian C, di wilayah Bugu, Mayong.

Dari tiga lokasi yang didatangi bersama rombongan Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, AKBP Nugroho Tri Nuryanto memerintahkan untuk memasang garis polisi di satu lokasi. Tak hanya itu,sebuah eskavator yang ditinggal penambang juga diamankan. Termasuk sejumlah penambang yang berada di lokasi juga dibawa ke Polsek Mayong, untuk diminta keterangan.

“Kami tidak tinggal diam masalah tambang galian c liar ini. Harus dicek izinnya, juga dokumen amdalnya. Jika tidak ada maka kami akan ditindak tegas. Miinimal tindakan ini memberi efek jera bagi penambang ilegal di Jepara,” kata AKBP Nugroho Tri Nuryanto, Senin (27/1/2020).

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya ingin memastikan semua penambangan harus memiliki izin. Selama ini pihaknya mengaku mendapatkan banyak laporan banyak tambang yang tidak berizin.

Pihaknya berharap masyarakat yang melakukan penambangan mematuhi aturan. Pemerintah pasti akan memberikan layanan dalam pengajuan perizinan ini. Namun jika tidak ada izin, maka proses hukum diberlakukan.

“Saya kira semua harus dikembalikan pada aturan yang ada. Semua ada prosedurnya, mana yang boleh di tambang dan mana yang tidak boleh,” tegasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...