Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dugaan Penyelewengan Dana Desa Jondang Mulai Ditangani Kejari Jepara

MURIANEWS, Jepara – Kasus dugaan penyelewengan Dana Desa di Desa Jondang, Kecamata Kedung mulai ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara. Sejumlah pihak sudah mulai dimintai keterangannya, mulai Senin (27/1/2020).

Jaksa Pidana Khusus (Japidsus) Kejari Jepara Teguh Sukemimenyatakan sampai saat ini status penanganan kasus ini masih penyelidikan. Pihaknya baru dalam proses meminta keterangan kepada sejumlah pihak.

“Kasus ini masih belum bisa kami ekspose. Kami masih dalam taham penyelidikan. Beberapa pihak akan kami panggil untuk kami dengar keterangannya. Kami masih mencari fakta-fakta hukumnya. Itu gambarannya,” ujar Teguh Sekemi, Senin (27/1/2020).

Japidsus Teguh Sukemi juga menyatakan pada kesempatan pertama dirinya baru meminta keterangan pada Bendahara Desa. Selanjutnya satu persatu pihak-pihak yang terkait laporan ini, akan dimintai keterangannya secara bergilir. Termasuk dalam hal ini masyarakat yang melaporkan kasus ini, juga akan didengar keterangannya.

Kasus dugaan penyelewengan Dana Desa di Jondang, dilaporkan ke Kejari Jepara oleh sejumlah masyarakat. Pemerintahan Desa Jondang yang terdiri dari Petinggi, Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan Perangkat Desa, dilaporkan ke Kejari atas sejumlah dugaan penyelewengan Dan Desa.

“Yang melaporkan masyarakat desa Jondang sendiri. Belum bisa saya sebutkan si A, si B atau Si C dalam hal ini. Karena ini masih penyilidikan, belum kami ekspose dan dapatkan fakta-fakta hukumnya,” tambah Teguh Sukemi.

Kejari Jepara dalam hal ini juga akan meminta LPH (Laporan Pertanggung Jawaban Hasil) yang ada di Inspektorat Jepara. Pihaknya akan mengirimkan surat ke Inspektorat untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat. Jika memang ada temuan, maka bisa digunakan sebagai salah satu bukti.

Pemerintahan Desa Jondang, dilaporkan ke Kejari Jepara atas beberapa dugaan penyelewengan dana desa. Diantaranya dalam proyek normalisasi irigasi pertanian, pengadaan MCK dan pemberian intensif bagi guru agama. Penyelewengan itu dilaporkan oleh warga Jondang ke Kejari Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...