Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pimpinan DPRD Purwakarta Belajar Transaksi Nontunai di Kota Kretek

MURIANEWS, Kudus – Rombongan pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan kunjungan kerja di DPRD Kudus, Senin (27/1/2020). Mereka belajar tentang transaksi nontunai yang diterapkan di Kota Kretek.

Rombongan terdiri dari Ahmad SanusiKetua DPRD Purwakarta, Sri Puji Utami, Neng Supartini, dan Warseno, yang merupakan para Wakil Ketua DPRD Purwakarta. Keempat pimpinan itu dtemui Ketua DPRD Kudus Masan dan Wakil Ketua DPRD Ilwani dan Sulistya Utama.

“Ini kunjungan pimpinan DPRD Purwakarta kepada DPRD Kudus. Temanya terkait transaksi nontunai,” jelas Sri Puji Utami.

Ia mengatakan, untuk saat ini seluruh transaksi di lingkungan pemerintah daerah harus nontunai. Itu pun sudah diatur dalam Undang-Undang 23 Tahun 2014, Permendagri dan Peraturan Presiden.

“Ini tentunya sangat bagus. Ini akan memangkas sistem birokrasi,” katanya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Purwakarta ada sebagian transaksi masih menggunkaan tunai langsung. Yakni transaksi di bawah Rp 5 juta. Namun pada tahun 2020, seluruh transaksi akan menggunakan nontunai.

“Nah maka dari itu kami bertukar pikiran dan informasi dengan DPRD Kudus. Ini juga langkah untuk memberantas korupsi,” terangnya.

Ia berharap, hal ini akan mempermudah pekerjaan di pemerintah daerah. Serta dengan transaksi nontunai akan lebih transparan.

Wakil Ketua DPRD Kudus Sulistya Utama mengatakan, kegiatan ini untuk bertukar pikiran dan informasi dengan DPRD Purwakarta.

“Di Kudus semua transaksi sudah kita lakukan nontunai. Mekanisme melalui nontunai juga,” jelasnya.

Ua juga berharap agar ke depan tidak ada yang namannya korupsi di Kudus. “Karena ini kita merasa diuntungkan. Kita akan laksanakan dengan baik,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...