Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Biar Tak Gelap Gulita, Tiap Desa di Rembang Bakal Dipasangi Minimal 25 Lampu Tenaga Surya

MURIANEWS, Rembang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang bakal memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) di tiap pelosok desa di kabupaten paling timur Jawa Tengah tersebut. Tiap desa minimal akan dipasangi 25 hingga 40 LPJU agar desa-desa itu tak gelap gulita.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, pada tahun 2020 ini pihaknya menganggarkan untuk pengadaan 200 unit LPJU melalui dana APBD. Selain menggunakan dana APBD, pihaknya juga menggandeng sejumlah perusahaan untuk mengeluarkan CSR guna pengadaan lampu jalan ini.

Kula (saya) berupaya nanti per desa minimal 25 sampai 40 titik penerangan di tiap pelosok desa. Niki demi Rembang Ben Padhang Jingglang (Ini demi Rembang biar terang benderang),” katanya dikutip dari laman Pemkab Rembang pada Senin (27/1/2020).

Ia mengatakan, pemasangan LPJU di tiap desa itu rencananya akan mulai dilaksanakan antara Maret-April 2020. Program ini menurutnya, juga merupakan bagian dari pemenuhan jargon ” Rembang Padhang Jingglang”.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Rembang Daenuri mengatakan, program pengadaan LPJU di Rembang ini telah berlangsung sejak 2018 lalu.

Pada tahun itu pemkab melakukan pengadaan 650 unit LPU, kemudian pada tahun 2019 sebanyak 547 dan di tahun 2020 sebanyak 200 unit.

”Selain dari APBD, bupati telah menggandeng perusahaan. Melalui CSRnya diperoleh hasil menggemberikan, yakni minimal ada 25 LPJU di setiap desa, sedangkan jenis lampunya nanti adalah lampu bertenaga surya,” ujarnya.

Pihaknya berharap, pemasangan LPJU untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat. Terutama untuk mengurangi risiko pengendara di jalan raya, dan juga meminimalisir adanya tindak kriminal.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...