Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Genangi Kota Jepara, Plt Bupati: Segera Kami Evaluasi

0 228

MURIANEWS, Jepara – Banjir yang menggenani sejumlah titik di Kota Jepara mendapat perhatian serius Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Orang nomor satu di Kota Ukir itu berjanji akan segera melakukan evaluasi.

Dia menjelaskan, Sabtu (25/1/2020) kemarin ia turun langsung dan berkeliling di sejumlah lokasi banjir, untuk mendapatkan masukan. Di antaranya mendatangi Bendung Les Bapangan dan berbicara langsung dengan petugas pintu air yang ada.

“Sebenarnya saya ingin secepatnya mengumpulkan stakeholder untuk melakukan evaluasi. Namun karena hari Minggu, saya putuskan Senin besok baru akan mengumpulkan semua pejabat terkait. Harus bisa dicarikan solusi untuk masalah ini,” katanya, Minggu (26/2/2020).

Persoalan banjir yang terjadi di Kota Jepara, menurutnya, besar kemungkinan karena sistem drainase yang dibangun kurang bagus. Ia pun berjanji akan berusaha mencari akar masalahnya untuk bisa diatasi.

Selain itu, ia juga sempat meminta penjelasan petugas Penjaga Pintu Air di Bendung Les Bapangan terkait banjir yang terjadi. Menurutnya, pintu les Bapangan sudah berfungsi sebagaimana mestinya, yakni digunakan untuk membagi aliran yang datang dari hulu sungai untuk dialirkan ke Kali Kanal atau Kali Wiso.

“Penjaga Bendung Les Bapangan memang harus selalu waspada dan penuh perhitungan. Kalau dibuka ke Kali Wiso, bisa saja air di Kali Wiso akan meluap. Makanya dibuka sistem buka tutup di sana oleh penjaga bendung. Tapi ini saya ingin bisa dicarikan solusi yang pasti,” tambah Dian Kristiandi.

Saat debit air di Kali Wiso sudah mencapai puncak tertinggi, pada akhirnya membuat saluran-saluran air di wilayah kota tersendat. Karena air dari banyak saluran drainase kota yang ada, hampir semua berakhir di Kali Wiso.

Saat Kali Wiso sudah penuh, akibatnya membuat air dari sistem drainase kota tidak bisa masuk ke Kali Wiso. Hingga akhirnya genangan air muncul dalam jumlah banyak di beberapa sudut kota.

Kali Wiso dan Kali Kali Kanal sendiri merupakan dua saluran besar yang melintas di Kota Jepara. Kali Wiso membelah Kota Jepara tepat di samping Gedung Kantor Bupati Jepara. Sedangkan Kali Kanal mengalir di sisi Selatan Kota Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.