Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Siswa Padati Expo Kampus Almansa Festival

MURIANEWS, Kudus – Ratusan siswa memadati acara Expo Kampus yang di gelar Alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus Dalam Gelaran Almansa Festival Urp Iku Urip. Di komplek sekolah MAN 1 Kudus, Sabtu (25/1/2020).

Expo kampus pada gelaran kali ini diikuti sebanyak 25 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), serta Perguruan Tinggi Kedinasan. Serta beberapa organisasi mahasiswa Kudus luar daerah yang turut andil dalam expo kampus tersebut.

Ketua panita, Adi Khoirul Anam menjelaskan, semua PTN, PTS, maupun sekolah kedinasan yang ikut pada hari ini kebanyakan diisi oleh para alumni MAN yang berkuliah di sana. Mereka secara sukarela membuka dan mempromosikan universitasnya kepada para siswa yang hadir di expo tersebut.

“Kebanyakan memang alumni MAN yang mengenyam ilmu di PTN, PTS, ataupun sekolah kedinasannya masing-masing,”ucapnya.

Untuk tujuan, kata Adi, digelarnya Expo Kampus merupakan salah satu bentuk komitmen dari para alumni untuk menginformasikan bagaimana sistem atau cara masuk menuju perguruan tinggi.

Selain itu juga, lanjutnya, kegiatan juga ditujukan bagi para siswa yang ingin berkonsultasi tentang jurusan apa yang akan mereka pilih. Sehingga dalam perjalanannya nanti, para siswa dan siswi kels X,XI, maupun kelas XII bisa semakin mantap dan yakin soal pilihan universitasnya.

“Ini salah satu bentuk kepedulian alumni kepada adik-adik kami,” ujarnya.

Soal tindak lanjut terkait acara itu, pihaknya memastikan akan terus memantau bagaimana perkembangan siswa yang akan mengikuti SBMPTN. Dari pihak alumni juga telah menyiapkan grup Whatsapp untuk berkoordinasi atau hanya sekadar bertukar informasi.

“Jadi saat akan mengikuti tes, kami selaku alumni akan berkoordinasi dan mencarikan denah ruangan tes dan akan memberitahukan pada mereka,” terangnya.

Dengan dilaksanakannya seluruh kegiatan Almansa Festival, baik Adi maupun panitia yang lain mengharapkan jika para siswa yang mengikuti acara tersebut bisa tahu dan mengerti bagaimana cara dan kiat untuk masuk ke perguruan tinggi.

Sementara itu A. Zidnny, salah satu siswa mengatakan jika acara ini sangat membantu dirinya dalam memilih jurusan apa dan di perguruan tinggi mana yang akan dia tuju setelah lulus nanti. Walau masih berada di bangku kelas X, adanya Almansa Fest di tiap tahunnya diharapkan bisa semakin memantapkan pilihanya.

“Saya sudah mantap untuk masuk di UGM, saya akan mempersiapkannya dengan baik,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...