Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seratusan Orang di Grobogan Mulai Terserang Demam Berdarah

0 113

MURIANEWS, Grobogan – Memasuki musim ghujan, warga ternyata tidak hanya diminta waspada terhadap datangnya bencana alam saja. Tetapi, serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) juga harus perlu mendapat perhatian serius.

Hal ini seiring meningkatnya kasus DBD yang terdeteksi di RSUD dr R Soedjati Purwodadi pada awal musim hujan ini.

Wakil Direktur RSUD dr R Soedjati Purwodadi Titik Wahyuningsih mengungkapkan, dalam dua bulan terakhir memang cukup banyak penderita DBD yang dirawat di rumah sakit.

Yakni, pada bulan Desember 2019 ada 130 orang. Sedangkan pada bulan Januari ini sudah ada 104 orang penderita DBD.

Alhamdulillah, untuk penderita yang dirawat di RSUD bisa tertangani semua. Kebanyakan, penderita DBD adalah anak-anak sampai usia dewasa,” katanya.

Menurutnya, pada musim hujan, biasanya merupakan masa berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebab serangan DBD.

Pada musim hujan banyak sekali tempat genangan air yang digunakan bertelur nyamuk tersebut. Puncak serangan DBD ini biasanya terjadi pada November hingga Februari.

”Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengencarkan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Sebab, langkah ini merupakan upaya terbaik untuk menekan DBD. Caranya bisa dengan menguras serta menutup tempat air dan mengubur barang bekas yang ada,” cetusnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.