Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kurangi Dampak Pemanasan Global, Lapangan Tembak Kodim Pati Dihijaukan

0 30

MURIANEWS, Pati – Sebagai upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, Kodim 0718/Pati melakukan penghijauan di lapangan tembak Sirwendo Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo, Pati. Setidaknya ada 300 bibit pohon yang ditanam di lokasi tersebut.

Bibit tanaman yang ditanam adalah bibit pohon mangga, alpukat, jambu air, jeruk pamelo. Ada juga tanaman keras seperti akasia, ketapang dan trembesi.

Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani mengatakan, gerakan penghijauan ini sangatlah penting karena banyak sekali manfaat yang dapat dipetik. Di antaranya selain bisa diambil buah yang bisa dikonsumsi, juga bisa mengurangi dampak pemanasan global.

“Kualitas udara akan semakin membaik, karena oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis dari pohon-pohon tersebut dapat menyerap karbondioksida,” katanya.

Dandim Pati nampak menanam pohon di lapangan tembak Sirwendo (MURIANEWS/Istimewa)

Dia menjelaskan, kualitas udara saat ini sangat buruk. Apalagi banyak asap knalpot yang dihasilkan dari pembakaran mesin. Belum lagi dampak dari asap cerobong pabrik.

“Karena itu, keberadaan pepohonan ini sangat penting, terutama agar oksigen yang masuk di tubuh kita ini, tidak terkontaminasi dengan hal-hal lain,” tegasnya.

Dia menambahkan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan penanaman pohon. Sebab, masih dalam musim penghujan.

“Kami harapkan dengan penanaman pohon ini dapat bermanfaat dan dirasakan dampak positifnya. Tentunya efek jangka panjang bagi lingkungan dan untuk membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu dapat mengancam,” imbuhnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.