Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Punya Nilai Ekologi dan Ekonomi, Lima Ribu Bibit Aren Siap Ditanam di Kendeng

MURIANEWS, Pati – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan berupa lima ribu bibit aren yang nantinya ditanam di kawasan pegunungan kendeng. Pemberian bibit itu sesuai dengan janji Kepala BNPB Doni Monardo saat kunjungan ke Pati beberapa waktu lalu.

Saat ini bantuan tersebut sudah siap untuk ditanam. Hanya, bantuan bibit aren itu baru diterima sebanyak dua ribu bibit. Itu pun penanamannya akan difokuskan di Desa Karangawen, Kecamatan Tambakromo, dan Desa Brati, Kecamatan Kayen.

Kepala BPBD Pati Martinus Budi Prasetya mengagakan, pemberian bibit aren ini lantaran kaya manfaat. Selain mempunyai manfaat ekologi juga mempunyai manfaat ekonomi.

“Secara ekologi, pohon aren ini dapat menahan tanah dan mampu menyimpan air. Karena itu, sangat tepat apabila ditanam di wilayah pegunungan kendeng,” katanya, Kamis (23/1/2020).

Selain itu, aren juga mempunyai akar serabut yang kuat, sehingga dapat menopang longsor. Sementara, secara ekonomi, nira aren juga bisa menjadi minuman layak jual. Nira juga bisa diolah menjadi gula aren yang mempunyai nilai jual tinggi. Belum lagi buah dari aren itu sendiri.

“Buah aren dikenal dengan kolang kaling. Buah ini bisa digunakan untuk makanan olahan, seperti kolak, es buah dan lain sebgaainya,” imbuh Martinus.

Dirinya berharap, dengan pemberin bibit aren ini setidaknya masyarakat kawasan pegunungan kendeng dapat merawatnya dengan baik. Manfaatnya, nantinya juga dirasakan oleh masyarakat sendiri.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...