Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar dan Menpan RB Resmikan Mal Pelayanan Publik di Batang

0 78

MURIANEWS, Batang – Mal pelayanan publik ketiga di Jawa Tengah diresmikan di Kabupaten Batang, Kamis (23/1/2020). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, hadir dalam peresmian ini.

Mal yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 13 ini dapat melayani 329 urusan pelayanan publik. Meliputi perizinan, pembuatan paspor, BPJS, pelayanan Kantor Pos dan lainnya. Mal ini juga menyediakan layanan perpanjangan SIM dengan mekanisme drive-thru.

Dalam peresmian ini Ganjar cukup nyentrik. Karena ia tak memakai batik atau baju yang biasa dikenakan pejabat. Ia memakai baju adat Nusa Tenggara Timur (NTT) lengkap dengan penutup kepala dari anyaman lontar, atau yang dikenal dengan Ti’i Langga.

Ganjar sengaja mengenakan itu karena di Pemprov Jateng ada program pemakaian baju adat Jawa pada hari Kamis. Dan khusus Kamis pekan keempat pegawai harus mengenakan pakaian adat Nusantara.

“Pak menteri, izin, kami punya program ini. Mudah-mudahan ini mempersatukan kita semuanya,” kata Ganjar dalam sambutannya.

Terkait mal pelayanan publik, Ganjar menyebut sebelumnya telah dibangun mal yang sama di Kabupaten Banyumas dan Kebumen. Daerah lain juga telah menyiapkan diri untuk membangun mal pelayanan publik.

“Seperti Kendal, Wonogiri, Pati dan daerah lainnya. Semoga dengan adanya mal pelayanan publik ini, pelayanan masyarakat semakin optimal,” harap Ganjar.

Ia menyebut, ini merupakan inovasi pemerintah untuk menyediakan layanan publik terpadu satu atap demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, selama ini masyarakat harus dibuat pontang-panting untuk mengurus izin.

“Selama ini rakyat stres harus kesana kemari demi mengurus izin. Belum lagi ketemu calo. Maka dengan adanya mal ini, semuanya dapat terlayani satu pintu dan lebih cepat,” ujar Ganjar.

Ganjar menyebut, pihaknya menargetkan tahun depan semua daerah di Jateng sudah mempunyai mal pelayanan publik.

“Ini mudah dan bukan perkara sulit. Nanti akan kami buatkan surat edaran kepada seluruh bupati/wali kota agar menyiapkan ini. Saya minta disiapkan tahun depan, karena perencanaan pembangunan harus dimulai tahun depan,” tandas Ganjar.

Sementara itu, Menteri Tjahjo mengapresiasi Pemprov Jateng yang serius dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya sepakat, dan berharap maksimal dalam waktu dua tahun, semua daerah di Jateng memiliki fasilitas ini. Agar pelayanan kepada masyarakat semakin cepat,” pinta Tjahjo.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.