Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tarif Cukai Naik, Razia Rokok Ilegal Wilayah Muria Digenjot

0 130

MURIANEWS, Kudus – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus akan terus menggenjot penindakan rokok ilegal di wilayah eks-Karesidenan Pati. Terlebih, tahun 2020 ini tarif cukai mengalami kenaikan sehingga rokok bodong dimungkinkan semakin menyebar.

Bahkan, selama Januari 2020 ini saja, Bea Cukai Kudus sudah melakukan penindakan rokok ilegal sebanyak 10 kali. Penindakan dilakukan di wilayah Kabupaten Jepara.

“Sejak awal tahun 2020, kami sudah sepuluh kali melakukan penindakan,” kata Kepala Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo di kantornya, Kamis (23/1/2020).

Ia mengatakan, dari penindakan di wilayah Jepara itu, Bea Cukai Kudus berhasil mengamankan sebanyak 1,5 juta batang rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM). Nilai barang tersebut diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar.

“Potensi kerugian negara mencapai Rp 950 juta,” jelasnya.

Ia memastikan, ke depan pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap rokok ilegal. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan penerimaan cukai.

“Kami akan coba pendekatan ke pabrik. Kami menjaga supaya tidak ada produksi ilegal. Sehingga penyebaran rokok ilegal bisa ditahan,” katanya.

Ditambahkan, selain penindakan pihaknya juga akan melakukan sosialisasi pencegahan peredaran rokok ilegal. Bea cukai pun akan melakukan kerja sama dengan pemda setempat.

“Supaya beralih pembuat rokok ilegal nanti beralih bisnis lain atau kerja samakan dengan pemda setempat,” terangnya.

Sementara itu, realisai penerimaan cukai Kabupaten Kudus tahun 2019 mencapai 100,80 persen. Target penerimaan sebesar Rp 31,54 triliun sedangkan realisasinya sebesar Rp 31,79 triliun.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.