Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Unisnu Kirim 267 Mahasiswa KKN ke Pelosok Jepara

0 104

MURIANEWS, Jepara – Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, kembali menggelar kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) bagi mahasiswanya. Pada periode pertama tahun ini ada 267 mahasiswa yang mengikuti program KKN.

Menurut Rektor Unisnu, Saadullah Assaidi para mahasiswa KKN Unisnu akan ditempatkan di delapan desa yang tersebar di dua kecamatan. Secara resmi kegiatan ini dimulai pada saat para mahasiswa dilepas di Pendapa Kabupaten Jepara, Selasa (21/1/2020).

Para mahasiswa yang akan ikut dalam kegiatan KKN secara resmi diterima oleh Pemkab Jepara yang diwakili oleh Asisten Sekda Jepara Mulyaji. Selanjutnya, mereka kemudian dilepas ke pos masing-masing bersama dengan para dosen pembimbingnya.

“Kami berharap para mahasiswa bisa benar-benar serius dalam mengikuti program KKN ini. Sehingga mereka bisa langsung mengaplikasikan ilmu-ilmu yang sudah mereka pelajari. Selain itu tentu saja mereka harus bisa menjaga almamaternya,” ujar Saadullah Assaidi, Selasa (21/1/2020).

Sementara itu, Assisten Sekda Jepara, Mulyaji menyatakan Pemkab Jepara sangat memberi apresiasi. Kegiatan KKN selalu disambut baik oleh Pemkab Jepara. Dengan kegiatan ini ada sebuah proses alih tehnologi atau alih pengetahuan di masyarakat.

Pihaknya berharap para mahasiswa bisa mengenali watak, karakter, sifat, kultur budaya dan pendidikan masyarakat desa. Hal ini harus dilakukan, karena menurut Mulyaji proses adaptasi dan penyesuaian dengan masyarakat yang ada di desa berbeda-beda karakternya.

“Saat ini masyarakat miskin di Jepara turun dari tujuh persen menjadi 6,66 persen dari 1,2 juta penduduk Kabupaten Jepara dan menduduki peringkat 4 di jawa tengah. Ini tidak hanya tugas Pemerintah Kabupaten Jepara, tapi tugas kita bersama untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat Jepara. Termasuk para mahasiswa yang akan melakukan KKN,” ujar Mulyaji, Selasa (21/1/2020).

Di sisi lain Mulyaji menyampaikan bahwa tahun ini arah pembangunan Jepara ditekankan pada penguatan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung tumbuhnya industri kreatif berbasis potensi unggulan. Salah satunya dilaksanakan melalui penguatan daya saing ekonomi daerah yang berbasis pada potensi unggulan daerah dan berorientasi pada ekonomi kerakyatan.

Tema KKN Unisnu “Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Pendidikan, Ekonomi dan Teknologi”, disebut sebagai sebuah solusi keresahan atas tantangan inovasi yang dihadapi oleh hampir semua desa. Saat ini desa bukan lagi obyek pembangunan, namun juga menjadi subyek pelaku bagi arah kebijakan pembangunan desa.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.