Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

365 Ribu Bidang Tanah di Jepara Belum Bersertifikat

0 56

MURIANEWS, Jepara – Target pemerintah pusat yang mengharuskan seluruh bidang tanah di Jawa Tengah terdaftar di tahun 2023 masih menyisakan pekerjaan bagi Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Jepara. Pasalnya, hingga saat ini baru 45 persen bidang tanah yang sudah bersertifikat.

Kepala Kantor ATR/BPN Jepara Mujiono mengatakan, Jepara sebenarnya memiliki 661 ribu bidang tanah. Sementara tanah yang sudah bersertifikat baru 296 ribu bidang tanah atau sekitar 45 persen. Sedangkan 55 persen sisanya atau 365 bidang tanah lainnya masih belum bersertifikat.

“Tahun ini kami ditarget 50 ribu peta bidang tanah. Lalu untuk Sertifikat Hak Tanggungan (SHT) ditarget 43.750 ribu bidang. Sedangkan sebelumnya kami harus menyelesaikan 71.300 PBT dan 56 ribu bidang untuk SHT,” ujar Mujiono, Selasa (21/1/2020).

Penurunan target ini menurut Mujiono memberikan kelulasaan bagi pihaknya dalam bekerja di 2020. Pihaknya optimistis, kembali bisa memenuhi target tersebut 100 persen pada 2020 ini.

Apalagi, program PTSL masih akan dilaksanakan dan menjadi salah satu andalan untuk bisa mencapai target yang dibebankan oleh Pemerintah ini. Selain itu, belum lama ini pihaknya juga sudah melantik 109 Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL di lingkungan Kantor ATR/BPN Jepara.

“Sebanyak 109 orang Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL sudah kami ambil sumpahnya. Mereka terdiri dari petinggi desa dan carik, yang dibagi dalam lima tim dengan cakupan total 16 desa di 10 kecamatan,” tambah Mujiono.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.