Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

14 Puskesmas di Kudus Bakal Direakreditasi Tahun Ini

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 14 Puskesmas di Kabupaten Kudus bakal direakreditasi pada tahun 2020 ini. Puskesmas tersebut kini diproyeksikan naik setelah tahun lalu bersatatus dasar hingga madya.

Keempat belas puskesmas itu yakni Puskesmas Kaliwungu, Puskesmas Purwosari, Puskesmas Bae, Puskesmas Dersalam, Puskesmas Rendeng, Puskesmas Jati, Puskesmas Ngemplak, Puskesmas Undaan, dan Puskesmas Mejobo.

Selain itu, Puskesmas Tanjungrejo, Puskesmas Dawe, Puskesmas Gondosari, Puskesmas Ngembal Kulon dan Puskesmas Wergu Wetan juga akan turut direakreditasi.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi menyebut, jika reakreditasi pada 14 Puskesmas akan dinilai oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Mereka akan dinilai langsung dengan sejumlah kriteria yang ditentukan,” ucapnya ketika ditemui di kantornya, Selasa (21/1/2020).

Untuk status sejumlah puskesmas ini, katanya, memang masih ada yang berstatus dasar. Yakni pada Puskesmas Rendeng dan Dersalam.

Sedang Puskesmas berstatus madya diisi oleh 13 Puskesmas. Di antaranya Puskesmas Kaliwungu, Purwosari, Jati, Undaan, dam Wergu wetan. “Tahun ini mereka turut direakreditasi,” ujarnya.

Sedang untuk Puskesmas dengan tingkat utama ada di Puskesmas Sidorekso, Gribig, Jekulo dan Rejosari. Untuk Puskesmas Jekulo, lanjut Andini, merupakan hasil akreditasi pada tahun 2019 lalu. Di mana dari Puskesmas tingkat dasar menjadi Puskesmas tingkat utama.

“Untuk jangka waktu akreditasi aturannya per tiga tahun sekali,  jika baik akan naik, jika buruk akan turun,” katanya.

Pihaknya pun akan tetap mendorong kemajuan tiap-tiap Puskesmas. Terutama pada Puskesmas yang telah berstatus utama untuk menjadi paripurna. Mengingat hingga kini di Kudus belum ada Puskesmas dengan kelas paripurna.

“Dari kami mendorong untuk terus meningkatkan pelayanan dan kualitasnya,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...