Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Coba-Coba Bikin Barongsai, Pemuda Kudus Ini Raih Cuan Berlimpah Tiap Imlek

MURIANEWS, Kudus – Awalnya hanya coba-coba, Alvis Rezando warga Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, kini keranjingan membuat barongsai. Pasalnya, tiap Imlek tiba pemuda ini bisa menarik cuan (untung) yang berlimpah.

Untuk tiap satu unit barongsai buatannya, Reza bisa menjual dengan harga Rp 6 juta. Dan menjelang Tahun Baru Imlek 2020 ini, ia sudah mandapat puluhan pesanan.

Ia mengatakan, sudah delapan tahun menekui kerajian pembuatan barongsai ini. Diakuinya, awalnya memang iseng dan ingin coba-coba saja.

“Awalnya (punya barongsai) rusak aku coba perbaiki, dari ngecat benerin macam-macam gitu,” ujarnya, Selasa (21/1/2020).

Pesanan barongsai yang diterima Reza juga banyak berasal dari luar Pulau Jawa. Menjelang Imlek, pesanan semakin meningkat. (MURIANEWS/Dian Utoro Aji)

Ia mengatakan, menjelang pergantian Tahun Baru Imlek sudah banyak pesanan yang berdatangan. Pesanan tak hanya datang dari Pulau Jawa, tapi juga dari Pontianak, hingga Medan.

“Kalau pesanan ada terus. Cuman jelang Imlek ini meningkat sekitar 50 persen. Kalau setahun lalu ada 25 pesanan sudah,” jelasnya.

Untuk membuat satu barongsai lengkap, ia membutuhkan waktu satu hingga dua pekan. Itu pun tergantung motif dan pesanan.

Motif yang dibuat oleh Reza bermacam-macam. Tak hanya motif original, tapi juga dikembangkan dengan motif tokoh-tokoh super hero, seperti spiderman dan ada juga karakter transformer.

“Bahanya ada yang impor. Seperti bulu domba, dan juga bulu kelinci,” paparanya.

Sedangkan tahapan untuk pembuatannya, pertama untuk merangkai barongsai. Kemudian pelapisan kertas, pengecatan, hingga pemasangan asesori barongsai. “Ukuran yang saya buat standar tanding. Berukuran diameter 145 cm,” katanya.

Menurut dia, harga yang dipatok untu setiap unit barongsai sebesar Rp 6 juta. Dengan harga itu, pemesan sudah mendapatkan kepala dan badan dan tubuh barongsai.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...