Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sidang Kasus OTT Bupati Kudus

Plt Bupati Kudus Akui Relawan dari ASN Jadi Prioritas Pengisian Jabatan

0 914

MURIANEWS, Semarang – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo membenarkan jika ada Tim Sembilan yang bertugas memenangkan pasangan Tamzil-Hartopo dalam Pilkada 2018 lalu. Tim itu dikatakannya berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pernyataan tersebut diucapkan Hartopo ketika ditanya Jaksa Penuntut Umum dalam sidang kasus dugaan jual beli jabatan di Pemkab Kudus dengan terdakwa Bupati Kudus (nonaktif) HM Tamzil, di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (20/1/2020).

Hartopo dalam persidangan mengatakan, tugas Tim Sembilan adalah menyosialisasikan Tamzil-Hartopo di lingkup ASN lain.

Walau demikian, pihaknya menegaskan tak ada komitmen di antara pihaknya dengan tim tersebut. “Tidak ada komitmen bersama,” ujarnya.

Namun ia mengakui, pada beberapa jabatan eselon tiga maupun empat, para relawan maupun Tim Sembilan diutamakan. Dengan syarat, yang bersangkutan benar-benar berkompeten dalam jabatan yang akan diembannya.

“Jika tidak ya tidak dipromosikan, semua sesuai prosedur dan profesional,” katanya.

Hartopo juga menyebut beberapa nama ASN yang masuk dalam daftar Tim Sembilan. Yakni Catur Widyatno yang kini menjabat Sekretaris BKPP dan merangkap sebagai Plt Kepala BKPP. Selanjutnya disebut Joko Sugono, mantan Camat Kaliwungu.

Sementara terkait adanya desas-desus pemberian uang syukuran, Hartopo menyebut jika tidak ada pihak baik dari dirinya maupun Tamzil yang meminta uang syukuran.

Hartopo juga mengaku sempat melarang Joko Sugono untuk memberikan uang syukuran yang disebutkan telah dimintai oleh oknum.

“Saya perintahkan untuk tidak memberikan uang syukuran tersebut karena dari kami tidak ada,” terangnya.

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum dari KPK juga menyebut beberapa nama yang diduga merupakan relawan dan bagian dari Tim Sembilan pemenangan Tamzil dan Hartopo

Di antaranya Eko Haris Djatmiko yang kini menjabat sebagai Kepala Disdukcapil, Wisnubroto Camat Jekulo, dan beberapa ASN lainnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.