Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ngontel dari Semarang, Ganjar Meriahkan Festival Sego Pager di Grobogan

0 369

MURIANEWS, Grobogan – Acara Festival Sego Pager yang dilangsungkan di Desa Bugel, Kecamatan Godong, Grobogan, Minggu (19/1/2020) berlangsung meriah. Ribuan warga tampak menghadiri festival yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB tersebut.

Suasana makin meriah seiring hadirnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istrinya Siti Atikoh. Keduanya datang ke lokasi acara dengan bersepeda dari Semarang yang jaraknya sekitar 53 kilometer.

Sebelumnya, Bupati Grobogan Sri Sumarni sudah tiba lebih dulu di lokasi festival.

“Saya bersepeda dari Semarang ke Godong hanya untuk mendatangi Festival Sego Pager ini. Saya mengapresiasi kepada panitia penyelenggara yang sudah menampilkan kuliner khas dari kampung ini,” kata Ganjar.

Ganjar juga sempat kaget saat mendengar kalau harga satu porsi sego atau nasi pager beserta lauknya ternyata cukup murah. Yakni, berkisar Rp 2.500 hingga Rp 4.000 saja.

Menurut Ganjar, pelestarian kuliner khas, seperti sego pager ini harus terus dilakukan. Bahkan, Ganjar berharap agar nasi pager ini bisa dikemas lebih modern supaya bisa disantap masyarakat di seluruh Tanah Air.

“Saya berharap nasi pager ini bisa jadi salah satu ikon kuliner Nusantara,” cetusnya.

Acara Festival Sego Pager ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-2 Car Free Night Godong. Selain mengenalkan sego pager, festival juga dimeriahkan dengan jalan sehat yang pemberangkatan pesertanya dilakukan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Selain itu, ada pula acara senam bersama, musik spesial, pentas tari tradisional dan donor darah.

Sekadar diketahui, sejauh ini, sego pager hanya ada di wilayah Kecamatan Godong. Di kecamatan ini, ada banyak penjual sego pager rumahan atau pinggir jalan. Kuliner ini biasanya mudah ditemukan saat pagi karena memang biasa dipakai untuk menu sarapan.

Sepintas, sego pager ini mirip dengan menu nasi pecel dengan sayuran yang dipakai adalah tanaman yang biasa dijadikan untuk pagar rumah.

Seperti, daun petai cina atau mlanding, pepaya, dan ketela pohon, sehingga disebut sego pager. Selain itu, ada taburan srundeng berasa asin yang menjadikan sego pager terasa lezat.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.