Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

41 Sekolah Swasta di Kota Semarang Mulai Gratiskan Biaya Pendidikan

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mulai menggratiskan biaya pendidikan untuk sekolah-sekolah swasta di Ibu Kota Jawa Tengah itu. Untuk tahun ini, ada 41 sekolah swasta yang mulai mendapat suntikan dana dari pemerintah agar biaya pendidikan gratis.

Sekolah swasta gratis itu tersebar mulai dari tingkat TK hingga SMP. Rinciannya yakni ada 7 TK, 14 SD dan 20 SMP yang memberlakukan sekolah gratis di tahun ajaran 2020/2021 ini.

Program ini mulai berlaku Januari 2020. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,4 miliar. Dana tersebut akan ditransfer ke sekolah-sekolah swasta untuk menerapakn pendidikan gratis.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, jika program ini masuk dalam tahap pertama program sekolah swasta gratis di Kota Semarang. Ia menyebut, program ini merupakan terobosan setelah sebelumnya sekokah negeri juga gratis.

“Dengan Maka didorongnya program pendidikan formal bisa gratis, diharapkan yang tidak mampu bersekolah bisa memperoleh kesempatan untuk menempuh pendidikan,” katanya.

Selain sekolah swasta gratis, Pemkot Semarang juga menyiapkan ribuan beasiswa bagi siswa sekolah negeri maupun swasta mulai dari tingkat SD hingga SMA. Beasiswa ini nantinya difokuskan untuk siswa berprestasi dari keluarga miskin.

Pemkot Semarang menyiapkan 11.288 beasiswa untuk program ini. Beasiswa ini nantinya juga akan menyasar siswa di MI, MTs dan MA di Kota Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri juga menyebut, ke depan program sekolah swasta gratis ini juga akan diarahkan kepada madrasah seperti MI, dan MTs.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...