Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tentara dan Warga Bersihkan Pintu Air Bendung Rombong Mayong Kidul

0 57

MURIANEWS, Jepara – Pintu air di Bendung Rombong, Desa Mayong Kidul selalu dipenuhi oleh sampah-sampah yang terbawa air. Pada musim hujan seperti sekarang jumlahnya sangat banyak. Selain menganggu pemandangan, sampah juga berpotensi menimbulkan sumbatan.

Untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, tentara dari Koramil Mayong bersama perangkat desa, warga masyarakat dan mahasiswa KKN bekerja bakti, pada Jumat (17/1/2020). Kegiatan ini dilakukan dengan dilatar-belakangi keprihatinan atas kondisi yang terjadi.

Babinsa 05 Mayong, Pelda Sukirman menyatakan, pihaknya mengambil inisiatif ini dan mengajak semua bagian yang ada untuk bersama-sama membersihkannya. Ajakan untuk melakukan kerja bakti akhirnya disambut antusias oleh pihak desa dan warga.

“Sebagai bagian tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa prajurit TNI yang berada di tengah-tengah masyarakat dalam melaksanakan pembinaan teritorial kami usulkan menggelar kerja bakti. Alhamdulilah inisiatif ini disambut baik dari semua pihak,” ujar Pelda Sulirman.

Dengan kegiatan ini diharapkan bisa terjalin sebuah kerja sama antara TNI dengan semua elemen masyarakat. Selain itu juga, bisa dibangun sikap bergotong royong, menjaga keamanan, kebersihan lingkungan terutama d isekitar lokasi pintu air Bendungan Rombong.

Petinggi Desa Mayong Kidul, Buono S.Pd., menyatakan sangat berterima kasih dengan adanya inisiatif melakukan kerja bakti ini. Selama ini memang diakui, masalah sampah selalu muncul pada saat musim hujan.

Sampah yang dibuang warga sembarangan akhirnya menumpuk di pintu air saat hujan tiba. Sampah-sampah itu terbawa dan menyumbat di pintu air dan berpotensi menimbulkan masalah.

“Saluran ke pintu air Bendungan Rombong jadi lancar dan tidak terhambat. Sehingga potensi munculnya limpasan air tidak terjadi. Kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi seluruh bagian masyarakat dalam suasana yang akrab dan kebersamaan tinggi,” ujar Buono.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.