Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Waduk Seloromo Gembong Mulai Terisi

0 250

MURIANEWS, Pati – Waduk Seloromo Gembong, Pati, saat ini sudah mulai terisi. Diperkirakan 1,5 bulan ke depan, debite air akan terisi penuh, yakni 9,5 juta meter kubik.

Operator Waduk Seloromo Susanto mengatakan, air mulai terisi sudah sejak pertengahan Desember 2019 lalu. Hanya saja, saat itu intensitas hujan masih rendah.

Kemudian baru akhir-akhir ini, lima penjuru sungai yang mengarah ke waduk sudah menyumbangkan air semuanya. Lima penjuru itu yakni dari Sungai Sentul, Kali Jering, Lampean, Wuni dan Sungai Gembong sendiri.

“Yang menyumbang air cukup besar adalah dari Sungai Wuni. Karena di atas sungai itu ada Bendungan Ngablak,” katanya, Jumat (17/1/2020).

Untuk saat ini, air yang sudah masuk di Waduk Seloromo ada sebanyak 3,3 juta meter kubik. Perhari, lanjutnya, ada sekitar 500 ribu meter kubik yang masuk.

“Namun apabila tidak terjadi hujan, paling-paling hanya 100 ribu meter kubik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan kondisi itu dipastikan kondisi waduk masih aman. Sehingga warga yang berada di wilayah hilir, tidak perlu khawatir terkait luapan Waduk Seloromo.

“Kalau nanti debit air sudah penuh, nantinya akan limpas sendiri melalui pintu air bagian utara waduk,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.